Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ondeh Mandeh, Orang Ini yang Mendirikan Koran Pertama Di Pulau Sumatera

Kamis, 03 September 2015 – 11:50 WIB
Ondeh Mandeh, Orang Ini yang Mendirikan Koran Pertama Di Pulau Sumatera - JPNN.COM
Surat kabar Sumatra Courant. Foto: Istimewa

jpnn.com - SUMATRA Courant surat kabar pertama yang terbit di tanah Andalas. Didirikan oleh Louis Numa Hipolite Arthur Chatelin pada 1859 di Padang.

Chatelin memang punya tradisi menulis yang kuat. Sebelum mendirikan Sumatra Courant, dia mencatat beberapa cerita rakyat yang biasa dibawakan secara lisan.

Pada 1881, lelaki indo Padang ini pernah membukukan kisah Laowomaru, bajak laut keturunan Bugis dari Selat Malaka yang hijrah ke pantai barat Sumatra karena kalah berperang melawan pasukan Si Djohor. 

Zaman itu, “Chatelin seorang indo terkenal sekali di Padang,” tulis Rusli Amran dalam buku Padang Riwayatmu Dulu

Saat Sumatra Courant mula-mula terbit, Chatelin turun tangan langsung menjadi pemimpin redaksi. Koran itu berukuran kecil. Terbit berkala tak beraturan. Hanya beberapa kali dalam seminggu. 

Dalam perkembangannya, kepemilikan Sumatra Courant jatuh ke H.A. Mess, seorang indo yang terkenal pula di Padang. Namun Chatelin tetap sebagai pemimpin redaksi. Koran pun terbit rutin dua hari sekali. 

Bila mau lihat pemberitaan-pemberitaan koran lawas tersebut, arsipnya lumayan banyak dikoleksi Jurnalistiek in de Tropen, Belanda.,  

Entah apa sebabnya, sejak 1878, nama Chatelin tak muncul lagi di koran yang didirikannya itu. (wow/jpnn)

SUMATRA Courant surat kabar pertama yang terbit di tanah Andalas. Didirikan oleh Louis Numa Hipolite Arthur Chatelin pada 1859 di Padang. Chatelin

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close