Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat: Demokrat, Penentu Kekuatan DPR

Kamis, 03 September 2015 – 13:05 WIB
Pengamat: Demokrat, Penentu Kekuatan DPR - JPNN.COM
SBY. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Setelah Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipimpin Zulkifli Hasan keluar atau meninggalkan Koalisi Merah Putih (KMP), ternyata kekuatan di DPR tidak serta didominasi oleh partai koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit mengatakan, perubahan peta dukungan dan kekuatan partai politik di DPR memang terjadi, pasca PAN mengubah haluan politik dari oposisi menjadi pro pemerintah. Namun, menurut Arbi, merapatnya PAN ke pemerintah tidak akan mengubah kekuatan di DPR, jika Partai Demokrat yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono itu, tidak ikut mendukung salah satu koalisi.

“Itu tidak akan mengubah kondisi apapun di Indonesia, kecuali bahwa PAN dapat bagian dari kursi kekuasaan. Jadi sekarang sikap Partai Demokrat menentukan kekuatan di DPR,” tegas Arbi Sanit ketika dihubungi, Kamis (3/9).

Arbi menegaskan, meski PAN ikut mendukung pemerintahan, namun tidak ada perbaikan yang berarti bagi situasi masyarakat Indonesia. “Perubahan yang terlihat hanya pada pembagian kursi kekuasaan saja,” katanya.

Sebenarnya, lanjut Arbi, tanpa PAN ikut ke dalam pemerintahan, faktanya Jokowi sudah didukung penuh oleh seluruh partai yang ada. Karena apapun keinginan Jokowi, selalu diikuti oleh seluruh partai, termasuk oleh partai yang seharusnya menjadi oposisi yang terbagung dalam KMP.

“Tapi Jokowi tetap tidak mampu mengelola pemerintahannya,” kata Arbi sembari mebambahkan, PAN akan mendapatkan jatah kursi menteri atau jabatan penting lainnya di pemerintahan.(fas/fri/jpnn)

JAKARTA – Setelah Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipimpin Zulkifli Hasan keluar atau meninggalkan Koalisi Merah Putih (KMP), ternyata kekuatan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close