Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jangan Hanya Buwas, Jaksa Agung Juga Harus Dicopot

Jumat, 04 September 2015 – 08:12 WIB
Jangan Hanya Buwas, Jaksa Agung Juga Harus Dicopot - JPNN.COM
Fadli Zon. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mendesak agar Jaksa Agung HM Prasetyo juga dicopot. Desakan ini disampaikan jika memang benar pencopotan Komjen Pol Budi Waseso dikaitkan dengan penggeledahan di ruangan Dirut Pelindo II, Richard Joost Lino, yang dianggap mengganggu situasi ekonomi.

“Jika benar Budi Waseso dicopot sebagai Kabareskrim karena penggeledahan Pelindo II dianggap mengganggu situasi ekonomi, maka hal yang sama juga seharusnya dilakukan terhadap HM Prasetyo. Ganti Jaksa Agung,” kata Fadli Zon di Jakarta, Rabu (2/9).

Menurutnya, tindakan Kejaksaan menggeledah PT VSI, juga dapat dipandang menganggu ekonomi. “Karena tindakan kejaksaan menimbulkan ketidakpastian hukum bagi investor dan dunia usaha di Indonesia. Logikanya, HM Prasetyo juga harus diganti sebagai Jaksa Agung,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Sustainable Development Indonesia Drajad Wibowo menilai, Kejaksaan seharusnya berani menangkap seluruh konglomerat Indonesia, jika mempermasalahkan pembelian aset murah BPPN. Sejatinya, dirinya belum mengetahui jelas masalah pembelian piutang yang melibatkan Victoria Securities Indonesia (VSI) seperti tuduhan Kejagung.

 “Tapi kalau alasan ditangkapnya karena beli harga murah maka hampir semua konglomerat di Indonesia harus ditangkap. Karena hampir semua beli barang BPPN dengan harga murah baik langsung ataupun tidak langsung,” kata Drajad di Jakarta, Senin (31/8).

Menurutnya, pembelian aset murah harus dipidanakan, karena permainan harganya yang tidak masuk akal. “Saya nggak tahu Kejaksaan Agung punya bukti apa. Tapi kalau hanya karena dia beli dengan harga murah maka akan banyak yang harus ditangkap,” tegasnya.

Selain itu, Drajad menyebutkan semua aset BPPN yang dijual murah merugikan negara. Ia juga mempertanyakan Kejagung yang begitu dalam mempersoalkan masalah tersebut hanya pada satu perusahaan. “Kalau dia konsisten teman dekat dia ambil juga,” katanya menyindir salah satu pemilik media yang pimpinan partai politik.

Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu, Arief Poyuono mengatakan, jika Budi Waseso dicopot karena dianggap mengganggu stabilitas ekonomi nasional, maka langkah itu patut disesalkan di tengah getolnya negara memerangi praktik korupsi.

JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mendesak agar Jaksa Agung HM Prasetyo juga dicopot. Desakan ini disampaikan jika memang benar pencopotan Komjen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close