Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jarak Pandang Hanya 300 Meter, 80 Persen Wilayah Sumatera Diselimuti Asap

Sabtu, 05 September 2015 – 11:08 WIB
Jarak Pandang Hanya 300 Meter, 80 Persen Wilayah Sumatera Diselimuti Asap - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kebakaran lahan masif saat ini terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Menurutnya, sekitar 80 persen wilayah Sumatera sudah tertutup asap.

Salah satunya di wilayah Riau, Pekan Baru. Saat ini jarak pandang di Riau hanya 300 meter pada malam hari hari. Sedangkan, pada siang hari hanya 500 meter. 

"Di Bandara Sultan Toha Jambi, juga sama kondisinya. Otomatis penerbangan terkendala," ujar Sutopo saat dihubungi, Sabtu (5/9).

Sutopo mengatakan, akibat asap ini sebanyak 25,6 persen persen warga menderita ISPA. Karena itu tim gabungan masih berupaya memadamkan api dengan hujan buatan. Ini dilakukan di tiga tempat yaitu Riau, Jambi dan Kalimantan Barat. 

"Namun pesawat dari kemarin sampai sekarang belum bisa terbang karena jarak pandang hanya 500 meter," imbuhnya. 

Menurut Sutopo, hujan buatan di Riau, Kalbar, Kalsel dan Sumsel mengalami kendala karena jarak pandang tersebut. Padahal sudah ada 13 helikopter yang dikerahkan. (flo/jpnn)

JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kebakaran lahan masif saat ini terjadi di wilayah Sumatera

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close