Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Asap, Fadli Zon akan Usulkan Ini Pada Jokowi

Rabu, 07 Oktober 2015 – 03:10 WIB
Soal Asap, Fadli Zon akan Usulkan Ini Pada Jokowi - JPNN.COM
asap pekat / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Presiden Joko Widodo segera menetapkan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera dan Kalimantan sebagai bencana nasional.

"Sudah pantas kejadian asap ini ditetapkan sebagai bencana nasional karena meliputi wilayah yang cukup luas dan kita tidak bisa anggap enteng dampak ke masyarakat," kata Fadli Zon, Selasa (6/10).

Politikus Gerinda itu mengatakan, bagi orang Jakarta, bencana itu hanya sekadar asap. Tapi partikel asapnya sudah sangat berhaya bagi kesehatan. Dampaknya, kualitas hidup masyarakat akan lebih rendah bahkan bisa memotong usia hidup seseorang.

"Jadi menurut saya, sudah seharusnya ditetapkan sebagai bencana nasional sehingga ada rasa kedaruratan karena sudah banyak laporan masyarakat," tegasnya.

Dengan ditetapkan bencana asap  sebagai bencana nasional, penanganannya pun akan berbeda dibanding status tanggap darurat provinsi. Apalagi faktanya penanganan karhutla seperti menggantung dan terkesan saling mengandalkan antara pusat dan daerah.

Karena itu, ia akan mengusulkan kepada Jokowi agar persoalan asap segera ditingkatkan statusnya.

"Saya akan usulkan ke presiden dalam rapat konsultasi, ini mestinya sudah ditetapkan sebagai bencana nasional dan efeknya jutaan orang, bukan satu RT atau RW," pungkasnya.(fat/jpnn)

 

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Presiden Joko Widodo segera menetapkan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close