Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Proposal Gas Masela Pola LNG Terapung Dinilai Beresiko Tinggi

Rabu, 07 Oktober 2015 – 13:23 WIB
Proposal Gas Masela Pola LNG Terapung Dinilai Beresiko Tinggi - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Proposal yang diajukan oleh InPex dan Shell agar pemerintah menyetujui pengembangan proyek Lapangan Gas Abadi Masela dengan pola LNG terapung di Maluku jelas tidak adil karena seolah-olah tidak ada pilihan yang lebih baik.

Padahal menurut anggota Tim Forum Tujuh Tiga (Fortuga) ITB, Al Hilal Hamdi, selain berbiaya tinggi, pola LNG terapung menghadapi dua resiko yakni kestabilan operasi karena goyangan kapal dan keselamatan operasi disebabkan peralatan yang berdekatan satu sama lain.

"Kami mempelajari proposal tersebut lebih kepada pemaksaan terhadap Pemerintah RI untuk mengeksekusi pengembangan proyek Lapangan Gas Abadi Masela dengan pola LNG Terapung. Usulan ini jelas tidak fair, seolah-olah tak ada pilihan yang lebih baik," kata Al Hilal Hamdi, saat konferensi pers, di dampingi antara lain mantan CEO Chevron Indonesia Suwito Anggoro dan mantan Dirut LNG Bontang Fathor Rahman, di Jakarta.

Dia akui, proyek pencairan gas alam Masela Terapung dengan kapasitas 7,5 juta ton per tahun akan menjadi yang pertama di dunia. Namun, proyek ini sangat tinggi resikonya. "Jadi, Indonesia hanya menjadi kelinci percobaan. Sedangkan berapapun besarnya investasi yang ditanam akan dibayar selama puluhan tahun oleh anak cucu kita melalui skema cost recovery," ujar Hamdi.

Oleh karena itu lanjut Menakertrans era Presiden Abdurrahman Wahid ini, didorong oleh keprihatinan mendalam dan didasarkan pada pengetahuan, pengalaman serta keahlian di bidang energi dan pengembangan masyarakat, maka Tim Fortuga  ITB mengusulkan pilihan terbaik pembangunan proyek pencarian gas alam abadi Masela harus di darat.

"Kami sudah melakukan berbagai penelitian, kajian dan perhitungan ulang dengan membandingkan beberapa proyek pengembangan migas di darat dan laut dalam seperti di Gulf of Mexico, North Sea, Afrika, Eropa (Medgaz Pipeline), Rusia - Turki (pipa gas Laut Hitam), Australia dan untuk Indonesia yang ideal adalah pencairan gas alam Abadi Masela harus di darat," ungkapnya.

Dia membeberkan beberapa fakta dan kesimpulan perhitungan dan catatan penting yang mendukung kesimpulan Tim Fortuga ITB terhadap kajian konsultan yang tak pernah dipublikasikan, bahwa pembangunan jalur pipa laut ke darat melalui palung Selaru-Tanimbar secara teknis dan kontruksi adalah aman dan layak.

"Biaya investasi (CAPEX) proyek LNG Abadi Masela di darat sebesar USD 16 miliar, sedang bila dibangun bangun terapung akan mencapai USD 22 miliar," tegasnya.

JAKARTA - Proposal yang diajukan oleh InPex dan Shell agar pemerintah menyetujui pengembangan proyek Lapangan Gas Abadi Masela dengan pola LNG terapung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close