Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Malam 1 Sura Polisi Kerahkan 1.500 Personel, ada Apa?

Jumat, 09 Oktober 2015 – 05:54 WIB
Malam 1 Sura Polisi Kerahkan 1.500 Personel, ada Apa? - JPNN.COM
Polisi siaga. Ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - TULUNGAGUNG - Polres Tulungagung mempersiapkan sekitar 1.500 personel untuk mengawal  pelaksanaan malam tirakatan pada malam 1 Muharam (1 Sura) mendatang yang digelar salah satu perguruan silat.

Jumlah personel itu tidak hanya dari Polres Tulungagung, namun juga dari Polda Jawa Timur serta polres tetangga.

“Maksud dengan melibatkan personel dalam jumlah tersebut adalah untuk pengamanan hingga tingkat ranting,” terang Kapolres  Tulungagung AKBP Braja Paksa Bhirawa, usai pertemuan dengan para tokoh perguruan silat, kemarin.

Dia menjelaskan, dengan pengamanan hingga tingkat ranting atau desa ini, maka  pemantauan lebih mudah. Karena rata-rata para penggembira atau pengantar anggota perguruan silat bakal dilantik lebih banyak. Maka, tingkat kerawanan terhadap gangguan keamanan tentu lebih tinggi.

Nah, guna mengantisipasi kejadian yang tidak dinginkan, maka perlu  pengawalan  dari  bawah, serta penjelasan  mengenai  teknis saat ingin menjadi  penggembira.

Dia melarang  dengan  tegas para penggembira ini menggunakan  sepeda motor, apalagi tidak sesuai  ketentuan keamanan pengendara, serta memakai  kendaraan  terbuka. Jika memang tetap ada pelanggaran akan ditindak  tegas.

Lanjut dia, maksud adanya ketentuan penggunaan armada, agar tidak terjadi  gesekan kerawan kamtibmas selama menuju lokasi tirakatan. Karena kasus selama ini yang sudah pernah ada, lokasi  rawan gesekan antar perguruan silat  dalam perjalanan.

Jika tetap ada pelanggaran, tentu akan ditindak tegas. “Dari  beberapa kali peristiwa masih dilakukan dengan langkah persuasif, kendati  telah melakukan pelanggaran hukum. Namun jika tetap terjadi, tentu tindakan hukum akan tetap diberikan. Karena sering ada kasus serupa,” ungkap perwira dengan pangkat dua melati ini.

TULUNGAGUNG - Polres Tulungagung mempersiapkan sekitar 1.500 personel untuk mengawal  pelaksanaan malam tirakatan pada malam 1 Muharam (1 Sura)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close