Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asosiasi Pengusaha: Hutan adalah Aset Bagi Kami

Sabtu, 10 Oktober 2015 – 15:00 WIB
Asosiasi Pengusaha: Hutan adalah Aset Bagi Kami - JPNN.COM
Siswa dikepung kabut asap pembakaran lahan dan hutan. Foto: Nor Rahma/Radar Sampit/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) mengklaim sepenuhnya mendukung penegakan hukum yang dilakukan pemerintah terhadap pelaku pembakaran hutan.

Menurut anggota APHI bidang Hukum dan Humas, Yuki Wardhana, tidak ada yang menghalangi langkah hukum jika ada yang melanggar aturan.

"Kami melihat konteksnya dulu. Tentunya, kami mendukung penindakan terhadap orang-orang yang sengaja melakukan pembakaran hutan, karena ini bencana buat kami juga," ujar Yuki dalam diskusi 'Asap Makin Pekat, Pembakar Kita Sikat' di Jakarta, Sabtu (10/10).

Yuki mengaku, pengusaha juga dirugikan dengan adanya bencana asap tersebut. Karena itu, langkah penegakan hukum dianggapnya sudah tepat.

"Hutan adalah aset bagi kami, itu bahan baku bagi industri hilir. Itu sama dengan kami bakar gudang kami sendiri," imbuhnya.

Sejak ada kebakaran dan asap beberapa bulan lalu, Yuki mengklaim, pengusaha HTI pada umumnya sudah tidak membuka lahan lagi. Terutama yang berada di wilayah Sumatera. Namun, jika memang ada yang melanggar hukum, ia mempersilakan pihak kepolisian untuk menindaklanjutinya.

"Umumnya mereka tidak buka lahan lagi. Mereka upayakan tanaman-tanaman yang ada. Jadi tidak ada pembukaan hutan baru lagi," tandas Yuki. (flo/jpnn)

 

JAKARTA--Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) mengklaim sepenuhnya mendukung penegakan hukum yang dilakukan pemerintah terhadap pelaku pembakaran

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close