Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Delapan Perempuan Cantik Tiongkok dan Taiwan Digelandang Polisi di Surabaya

Rabu, 21 Oktober 2015 – 08:47 WIB
Delapan Perempuan Cantik Tiongkok dan Taiwan Digelandang Polisi di Surabaya - JPNN.COM
Para pelaku penipuan online mancanegara saat digelandang di Mapolres Surabaya. FOTO: JAWA POS

jpnn.com - SURABAYA - Polrestabes Surabaya akhirnya sukses membongkar sindikat penipuan asal mancangara yang diduga sudah 9 bulan beroperasi di Surabaya. Kemarin (20/10) tim buser yang dipimpin Kasatreskrim AKBP Takdir Mattanete menangkap 32 WNA Tiongkok dan Taiwan yang menjadikan kota ini sebagai markas kejahatan. 

Dari Surabaya, sindikat itu melakukan penipuan secara online dengan sasaran nasabah bank dan kartu kredit di negaranya.

"Ini jaringan internasional yang beroperasi secara terorganisasi," ujar Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Takdir Mattanete. Dia menyebutkan, di antara 32 tersangka yang tertangkap itu, 27 orang berasal dari Tiongkok dan 5 orang dari Taiwan. Delapan orang di antaranya adalah perempuan. 

Penangkapan jaringan penipuan tersebut tidak hanya berlangsung di Surabaya. Kemarin juga diadakan operasi serupa di Cirebon, Batam, dan Bali.

Cara kerja sindikat itu sama dengan jaringan yang pernah diungkap Bareskrim Mabes Polri pada 2012 serta kasus yang ditangani Ditreskrimsus Polda Jatim Juni lalu.

Di Surabaya, mereka melancarkan aksinya sejak Februari 2015. Artinya, sindikat jaringan internasional itu sudah beroperasi selama hampir sembilan bulan di kota ini. Tiga bulan lalu, mereka mengontrak rumah di Jalan Kupang Indah XX No 2H. Rumah tersebut disulap layaknya kantor yang dipenuhi perlengkapan telepon internet.

"Total ada delapan rumah yang mereka sewa di Surabaya Barat," imbuh alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1998 tersebut. (did/c7/fat/mas)

SURABAYA - Polrestabes Surabaya akhirnya sukses membongkar sindikat penipuan asal mancangara yang diduga sudah 9 bulan beroperasi di Surabaya. Kemarin

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close