Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Majikan TKI Dilarang Berikan Gaji Cash, Itulah Jurus BNPTKI untuk...

Senin, 02 November 2015 – 11:03 WIB
Majikan TKI Dilarang Berikan Gaji Cash, Itulah Jurus BNPTKI untuk... - JPNN.COM
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - BADAN Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) punya cara tersendiri untuk meningkatkan remitansi (transfer uang oleh pekerja asing ke negara asal) dan mengontrol pendapatan para TKI. Badan yang dipimpin Nusron Wahid ini mewajibkan semua TKI di luar negeri untuk memiliki rekening guna menerima pembayaran gaji mereka. Majikan pun dilarang memberi gaji dalam bentuk cash.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNPTKI Nusron Wahid saat menggelar rapat tertutup dengan Komisi IX DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, beberapa waktu lalu. Dengan cara itu tidak ada lagi potongan-potongan tidak jelas terhadap gaji para TKI.

"Semua TKI kita wajibkan menggunakan rekening. ‎Gaji harus dikirim langsung ke rekening TKI," ujar Nusron.

Semakin tinggi uang yang mengalir ke Indonesia, maka akan berbanding lurus dengan devisa negara. Oleh sebab itu pemberlakuan wajib menggunakan rekening secara tidak langsung untuk meningkatan devisa negara.

Menurut Nusron, dengan sistem ini negara akan diuntungkan. Pertama‎, bisa mengontrol pendapatan TKI. Kedua, langsung otomatis terhitung sebagai devisa negara, sehingga devisa negara meningkat. “Ada kekuatan uang masuk ke dalam negeri," tutur Nusron.

Jaminan agar majikan tak membayar gaji secara cash tapi melalui rekening yaitu mereka harus menandatangani skema kontrak baru. Skema baru tersebut berlaku sejak 1 September 2015. "Itu ada dalam kontrak," ‎ujar Nusron.

Ada pun bank yang diajak bekerja sama yaitu BNI, BRI, Mandiri BII May Bank, dan Sinarmas Bank. Pertimbangan dipilihnya bank-bank tersebut karena kuat di negaranya masing-masing. Seperti BII May Bank di Malaysia dan Sinarmas Bank di Taiwan. (mas/jpnn)

BADAN Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) punya cara tersendiri untuk meningkatkan remitansi (transfer uang oleh

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close