Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Saran Siti Zuhro untuk RJ Lino dan Rizal Ramli

Senin, 02 November 2015 – 19:52 WIB
Ini Saran Siti Zuhro untuk RJ Lino dan Rizal Ramli - JPNN.COM
Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Profesor Siti Zuhro. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Profesor Siti Zuhro mengatakan, Indonesia melaksanakan sistem demokrasi yang ditopang oleh sistem kepartaian yang berkualitas. Maknanya, menurut Siti, meskipun sistem multipartai banyak diperbolehkan di negeri ini, bukan berarti dalam prakteknya bisa mengacak-ngacak etika birokrasi dan etika pemerintahan.

“Prinsip birokrasi adalah hirarki dari pemerintah pusat sampai pemerintah daerah. Nyaris seperti sistem komando dalam militer. Karena birokrasi dijadikan sebagai roda pembangunan, maka birokrasi antarjenjang pemerintah tidak boleh jalan sendiri-sendiri,” kata Siti Zuhro, Senin (2/11), menyikapi friksi di internal birokrasi seperti kisruh yang terjadi antara Dirut Pelindo II RJ Lino dengan Menko Rizal Ramli.

Dalam sebuah organisasi lanjutnya, birokrasi hendaknya menjadi alat pemersatu, menjaga NKRI. Jika ada perbedaan mestinya diselesaikan secara profesional. "Dari poin ini jelas kiranya bahwa sifat birokrasi yang hierarkis relatif diperlukan agar masing-masing pimpinan institusi terkait tidak jalan sendiri-sendiri tapi ikuti komando,” sarannya.

Menurut Wiwik sapaan Siti Zuhro, yang diperlukan dalam birokrasi adalah efektivitas, efisiensi dan netral secara politik atau tak boleh berpolitik praktis.

“Aparatur sipil negara (ASN) harus bekerja secara profesional sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, bukan abdi orang-perorang atau individu atau kekuatan politik tertentu,” katanya.(fas/jpnn)

JAKARTA – Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Profesor Siti Zuhro mengatakan, Indonesia melaksanakan sistem demokrasi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close