Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aparat Penegak Hukum tak Perlu Takut Bongkar Alokasi Gas ke Trader

Selasa, 10 November 2015 – 11:15 WIB
Aparat Penegak Hukum tak Perlu Takut Bongkar Alokasi Gas ke Trader - JPNN.COM
Aparat Penegak Hukum tak Perlu Takut Bongkar Alokasi Gas ke Trader. Foto JawaPos.com

jpnn.com - JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI ) Boyamin Saiman mencurigai adanya permainan di balik pemberian keistimewaan kepada PT Pertamina (Persero) dan anak usahanya, PT Pertagas. Keistimewaan yang dimaksud adalah bagi-bagi alokasi gas ke trader gas yang diduga menimbulkan kerugian negara. 

Karenanya, MAKI meminta aparat penegak hukum melakukan penyelidikan. Tidak hanya  Kejaksaan Agung, Kepolisian Republik Indonesia, tapi juga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  

"Semua penegak hukum harus berani mengusut dugaan alokasi ke trader gas. Orang yang kerjasama dengan BUMN, seperti Pertamina, kan harus jelas baik dari sisi performa, kemampuan keuangan, tidak bisa alokasi gas diberikan sembarangan," tegas Boyamin di Jakarta, Senin (9/11). 

Boyamin mengatakan dengan pengalokasian diberikan ke trader gas yang hanya modal dengkul, maka sudah bisa dipastikan ada dugaan permainan. Namun, untuk membuktikannya penegak hukum harus segera menelisiknya. 

"Kebanyakan kan seringkali mereka para trader yang bermodal dengkul, permainan alokasi di daerah juga seringkali dilakukan di level pejabat setingkat bupati," katanya.  

Dia menambahkan, seringkali para trader yang diberikan alokasi itu kemudian tidak memiliki pembeli siapa. Belum lagi mereka sama sekali tidak memiliki bank garansi untuk jaminan.

Akibatnya lanjut Bonyamin, negara juga pada akhirnya dirugikan. Padahal gas merupakan sumber energi primer yang harus jelas peruntukan penggunaanya. 

"Selama ini keharusan menyediakan bank garansi, bahkan jika gagal tidak pernah di black list, tidak pernah diberi penalti, justu kemudian selalu diberikan alokasi lagi. Jika seperti itu patut diduga memang terjadi penyimpangan, sekarang ini alokasi-alokasi gas seperti itu makin tidak terkontrol," tegasnya.     

JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI ) Boyamin Saiman mencurigai adanya permainan di balik pemberian keistimewaan kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close