Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sarjana Cum Laude Ingin jadi CPNS Tetap Lewat Seleksi

Selasa, 24 November 2015 – 05:49 WIB
Sarjana Cum Laude Ingin jadi CPNS Tetap Lewat Seleksi - JPNN.COM
Tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Rekrutmen CPNS 2016 memberikan kursi khusus bari sarjana cum laude. Sempat merebak kabar, kursi CPNS diberikan kepada mahasiswa bernilai tinggi itu tanpa tes. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) langsung mengklarifikasinya.

Kepala Biro Hukum, Kominikasi dan Informasi Publik (Hukip) Kementerian PAN-RB Herman Suryatman membenarkan memang bakal disiapkan kuota khusus untuk putra-putri berprestasi. “Pada saat tes CPNS 2014 lalu, kuota sarjana cum laude juga sudah ada,” katanya di Jakarta kemarin.

Namun Herman menjelaskan kuota untuk sarjana berprestasi itu ada aturannya. Tidak asal sarjana ber-IPK tinggi bisa masuk CPNS melalui formasi khusus ini. Diantara ketentuannya adalah sarjana cum laude harus lulus dari perguruan tinggi dengan akreditasi lembaga A dan akreditasi program studi (prodi) A.

Kalau kampusnya berada di luar negeri, harus mendapat pengakuan resmi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). “Dan syarat terakhir nilainya harus kategori cum laude,” jelas dia. Kriteria nilai cum laude adalah IPK di atas 3,50 di skala 4,00.

Seluruh pendaftar CPNS baru kuota sarjana berprestasi, tetap akan diseleksi. Hanya saja seleksinya antar sesama sarjana berprestasi. Pengalaman tahun lalu jumlah pendaftar kuota khusus ini jauh lebih banyak dibanding kursi yang tersedia.

Selain ketentuan itu, Herman menjelaskan kuota CPNS baru untuk sarjana cum laude itu tetap merujuk pada Undang-Undang 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Di dalam UU ini diatur bahwa kuota CPNS umum maupun sarjana cum laude tetap harus diusulkan secara resmi oleh instansi pusat maupun daerah.

Diantaranya harus ada analisis kebutuhan dari instansi yang nanti menampung mereka. Sampai saat ini Herman menegaskan belum ditetapkan kuota CPNS sarjana cum laude.

Herman menjelaskan pada dasarnya dibuka kuota CPNS khusus untuk sarjana berprestasi ini untuk meningkatkan SDM aparatur pemerintahan. Dia tidak ingin SDM unggul jebolan kampus-kampus ternama lari ke perusahaan swasta semuanya. Sehingga SDM baru di pemerintahan tinggal mendapatkan sisa yang tidak terserap di perusahaan swasta.

JAKARTA – Rekrutmen CPNS 2016 memberikan kursi khusus bari sarjana cum laude. Sempat merebak kabar, kursi CPNS diberikan kepada mahasiswa bernilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close