Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ANEH: Pemkot Ternate Tak Punya Desain Konsep Pariwisata

Jumat, 27 November 2015 – 10:56 WIB
ANEH: Pemkot Ternate Tak Punya Desain Konsep Pariwisata - JPNN.COM
Wisatawan Mancanegara di Ternate, Maluku Utara. FOTO: DOK.Malut Pos/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Pengamat Ekonomi Maluku Utara (Malut) Mukhtar Adam menilai Pemkot Ternate tidak mempunyai desain dalam konsep pariwisata.

“Kalau pemkot memiliki model marketing, maka tentunya pemkot akan menawarkan kepada wisatawan lokasi-lokasi mana saja yang bisa dikunjungi,” kata Mukhtar Adam kepada Malut Pos (Grup JPNN.com), kemarin.

Hal itu disampaikan Adam terkait pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kota Ternate, yang merasa kecewa karena Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, tak mengarahkan kunjungan 200 wisatawan mancanegara (wisman) yang menggunakan kapal pesiar Le Soleal kemarin (26/11), ke Swalayan Taranoate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Selama ini, kata dia, pemkot memahami pariwisata itu tempat-tempat sejarah. Padahal sebenarnya, wisata adalah sebuah sistem yang terintegrasi yang memiliki nilai. “Orang kalau berwisata ingin lihat pemandangan indah, ingin mendapatkan produk lokal, dan lain-lain.

“Inilah sistem pariwisata yang terintegrasi dan tidak parsial,” katanya.

Dia mengatakan, seharusnya pemkot menyiapkan paket wisata ini untuk dipublikasi lewat  internet atau media asing, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Ternate sudah mengetahui informasi jelas tentang paket wisata baik, pemandangan maupun produk lokalnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kota Ternate, merasa kecewa karena Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, tak mengarahkan kunjungan 200 wisatawan mancanegara (wisman) yang menggunakan kapal pesiar Le Soleal kemarin (26/11), ke Swalayan Taranoate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Padahal puluhan pelaku usaha sudah menyiapkan souvenir khas Malut, yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisman.

TERNATE – Pengamat Ekonomi Maluku Utara (Malut) Mukhtar Adam menilai Pemkot Ternate tidak mempunyai desain dalam konsep pariwisata. “Kalau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close