Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hai Habib Rizieq, Dengarkan Nasehat Bupati yang Kau Tuding Kawini Nyi Roro Kidul Ini

Jumat, 27 November 2015 – 12:45 WIB
Hai Habib Rizieq, Dengarkan Nasehat Bupati yang Kau Tuding Kawini Nyi Roro Kidul Ini - JPNN.COM
Imam Besar FPI Habib Rizieq. FOTO: dok

jpnn.com - PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dituding Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab telah melamar dan menikahi Nyi Roro Kidul. Tapi Dedi pun menanggapinya dengan santai. Dedi hanya memberikan beberapa nasehat untuk sang habib. Dia meminta agar Rizieq melihat persoalan sosial di Indonesia secara multidimensi.

“Melihat Indonesia itu jangan pakai kacamata satu dimensi, tetapi yang multidimensi agar Indonesia terlihat indah dan damai,” kata Dedi, Jumat (27/11).

Menurut Dedi, ucapan Rizieq yang memelesetkan kata “sampurasun” memang bagian dari materi dakwah. Namun Dedi mengingatkan bahwa Indonesia ini berasaskan Pancasila dan UUD 1945. “Indonesia bukan negara Islam,” ujarnya. 

Karena itu, materi yang disampaikan juga harus mempertimbangkan keberagaman. Dedi juga mengingatkan bahwa penduduk Indonesia yang multietnis dengan sekitar 600 suku bangsa, ragam adat, budaya dan agama serta aliran kepercayaannya. “Jadi tidak bisa dilihat dari satu sisi sudut pandang saja,” imbuhnya.

Seperti halnya ketika Rizieq memelesetkan salam orang Sunda dari “sampurasun” menjadi “campur racun” pada acara tablig akbar di Pasar Rebo, Purwakarta pada 15 Nopember 2015, dia telah melakukan kesalahan besar. Menurut Dedi, Rizieq patut diduga telah memahaminya dengan kebencian.

Dedi menyebutkan, “Sampurasun” yang berasal dari kata “sampuraning isun”, dianggap Rizieq tak memiliki makna apa-apa. “Sejatinya di balik ‘sampurasun’ itu terkandung makna doa: sempurnakanlah diri kalian. Maka jawabannya: rampes, artinya mengiyakan atau mengaminkan,” ia menegaskan.

“Sebagai orang Sunda penganut Islam, saya selalu mendahulukan ucapan assalmu’alikum, baru disusul dengan sampurasun,” katanya. Sehingga, ketika salam keislaman dan kesundaan diucapkan sesuai etika, menimbulkan keagungan, keindahan dan kedamaian. (ril/pojoksatu)

PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dituding Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab telah melamar dan menikahi Nyi Roro

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close