Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DORR...Kelompok Bersenjata Tembak Pusat Kendali Misi PBB

Sabtu, 28 November 2015 – 03:15 WIB
DORR...Kelompok Bersenjata Tembak Pusat Kendali Misi PBB - JPNN.COM
UNAMID Force Chief of Staff, Brigjen TNI Karmin Suharna SIP, M.A sekaligus Komandan Kontingen Indonesia pada misi UNAMID didampingi Komandan Sektor Utara Brigjen Agni Morsi (Mesir) meninjau pelaksanaan latihan terintegrasi di Sudan, Afrika. FOTO: DOK.TNI for JPNN.com

jpnn.com - SUDAN – UNAMID (United Nations African Union Mission in Darfur)  HQ (Head Quarter) yang terletak di El-Fasher, Sudan Utara melaksanakan Latihan Terintegrasi dengan melibatkan seluruh komponen baik Sipil, Militer maupun Polisi bentukan dari berbagai Negara yang tergabung dalam misi UNAMID. Latihan yang baru pertama kali dilaksanakan ini mengambil tempat di Sektor Utara UNAMID di El-Fasher, Sudan, Afrika.

“Latihan ini memiliki tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta menyegarkan kembali kemampuan peace keeper dalam bertindak apabila terjadi ancaman dari kelompok bersenjata yang sedang bertikai,” kata Brigjen TNI Karmin Suharna selaku Force Commander Chief of Staff UNAMID dalam siaran persnya dari Sudan, Afrika, Jumat (27/11).

Dalam latihan di-skenario-kan Super Camp El-Fasher atau lebih dikenal dengan sebutan UNAMID HQ El-Fasher yang merupakan pusat kendali Misi UNAMID di Darfur mendapat tembakan dari pihak UAG (Unknown Armed Group) atau kelompok bersenjata yang tidak kenal.

Tembakan datang dari segala penjuru UNAMID HQ dan membuat kepanikan dari seluruh personel UNAMID yang saat ini berjumlah kurang lebih 14.425 orang.

“Bisa dibayangkan betapa sulitnya koordinasi di lapangan apabila terjadi chaos yang mengancam personel peace keeper apabila ini tidak dilatihkan,” ungkap Brigjen TNI Karmin Suharna.

Dari Sudan, dilaporkan sekitar 1000 orang lebih turut ambil bagian dalam latihan ini. Latihan dilaksanakan oleh staf terkait serta perwakilan dari peace keeper yang diskenariokan sebagai personel yang harus dengan segera di evakuasi.

Situasi semakin kacau diperkirakan  personel pengaman dari pihak Militer dan Polisi kualahan menghadapi ancaman yang dating, maka segera akan dilaksanakan evakuasi terhadap personel peace keeper yang berjumlah 14.425 orang.

Seluruh staf di HQ sudah dikumpulkan di pusat kendali misi oleh Brigjen TNI Karmin Suharna Force Chief of Staff UNAMID sekaligus Komandan Kontingen Indonesia, untuk menerima perintah terakhir pelaksanaan evakusi.

SUDAN – UNAMID (United Nations African Union Mission in Darfur)  HQ (Head Quarter) yang terletak di El-Fasher, Sudan Utara melaksanakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close