Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kegigihan Pejuang Sanitasi di Biak Numfor agar Warga Tak Buang Apuy Sembarangan

Sabtu, 28 November 2015 – 12:55 WIB
Kegigihan Pejuang Sanitasi di Biak Numfor agar Warga Tak Buang Apuy Sembarangan - JPNN.COM
Marthina Awak Komboi. FOTO: jawa pos

jpnn.com - Marthina Awak Komboi menjelajah belasan kampung dengan berjalan kaki, demi mendorong pemasalan sanitasi sehat. Sementara itu, Ruben Brabar rela mendiskon jamban produksinya separo harga atau bahkan memberikannya secara cuma-cuma alias gratis.


LUSIA ARUMINGTYAS , Biak

---

NIATNYA sebenarnya hanya lewat, tak hendak mampir. Tetapi, tiba-tiba pintu rumah terbuka dan keluarlah sang pemilik sembari membawa segunung kemarahan.  "Mama, ini program jamban bagaimana? Jangan lagi mama yang ke sini, yang lain saja," damprat pria pemilik rumah di Kampung Komboi, Distrik (Kecamatan) Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Papua, itu kepada Marthina Awak Komboi.

Dampratan seperti itu tak hanya sekali atau dua kali dialami perempuan yang akrab disapa Mama Marthina tersebut. Di awal aktivitasnya sebagai pejuang sanitasi di Distrik Warsa pada 2011, berkali-kali guru di SD Inpres Komboi itu menghadapi sinisme, kemarahan, bahkan ancaman.

Bahkan, pernah sekali dia kena pukul "Tapi, sepertinya tidak sengaja. Itu bukan masalah untuk mama," tuturnya ketika per­tama bertemu Jawa Pos di sela workshop Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang diadakan Unicef dan Pemerintah Provinsi Papua di Biak (17/11).

Maklum, yang dihadapi Marthina adalah kebiasaan yang sudah mentradisi sekian lama. Papua adalah provinsi dengan kondisi sanitasi paling buruk di Indonesia. Berdasar Survei Sosial-Ekonomi Nasional (Susenas) 2013 yang diadakan Badan Pusat Statistik, tingkat cakupan sanitasi di Papua paling rendah, hanya 29,74 persen.

Parahnya, menurut laporan Levels and Trends in Child Mortality oleh UN Inter-Agency Group for Child Mortality Estimation, Indonesia tercatat sebagai negara dengan angka BABS (buang air besar sembarangan) terbesar kedua di dunia. Yakni, 51 juta orang atau seperlima dari total populasi.

Jadi, bisa dibayangkan betapa beratnya tantangan yang dihadapi Marthina. Dia mesti mematahkan anggapan yang memandang sanitasi sehat itu bertentangan dengan kultur setempat. Tetapi, tak sekali pun semangat Marthina kendur. 

Buntutnya, setahun setelah dia berjuang, Komboi yang berpenduduk 394 jiwa menjadi kampung pertama yang men­deklarasikan STBM di Biak Numfor. Tiap rumah di sana sudah dilengkapi jamban, sesederhana apa pun itu.

Ada yang model cemplung, ada pula yang leher angsa. Sesederhana apa pun itu, Marthina sangat bangga. "Tapi, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan," kata perempuan 47 tahun tersebut merendah dalam percakapan berikutnya dengan Jawa Pos di Pantai Komboi (18/11).

Perjuangan Marthina memang diawali rasa keprihatinan terhadap kondisi kampung tempat dia tinggal, Komboi. Warga di sana secara sembarangan buang apuy (tahi) di kebun atau sungai. Padahal, air sungai itu juga dimanfaatkan untuk mandi, masak, dan minum. "Teriris hati saya melihat itu," ungkapnya dengan emosional.

Sejak itulah, Marthina berupaya mencari cara dan strategi untuk memajukan desanya. Dia pun lantas belajar ke Yayasan Rumsram di Biak, ibu kota Biak Numfor, yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Komboi untuk tahu apa itu STBM. Juga, tentang apa itu lima pilar dan bagaimana mengajak masyarakat turut ambil bagian.

Dari sanalah dia tahu cara membuat jamban sederhana. Dia juga jadi tahu yang dimaksud lima pilar STBM adalah stop BABS, cuci tangan dengan sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga (PAM RT), pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Kebetulan, sejak 2 Maret 2011, di Komboi mulai diadakan program STBM yang dimotori Unicef, Simavi, dan Wahana Visi Indonesia. Marthina pun mendapatkan dukungan penuh dari Unicef.

Untuk memberikan contoh, Marthina memulai dengan membangun jamban di rumahnya dulu. Sesudah itu, dia mulai menda­tangi rumah demi rumah di kampungnya. Tugasnya kemudian meluas ke 14 kampung di Distrik Warsa. Semua dijalaninya sembari berjalan kaki, tanpa sepeser pun bayaran.

"Tapi, tetap saja ada yang sinis mengira apa yang mama lakukan ini ada uangnya. Mereka (warga yang dibina, Red) sering menanyakan itu," ceritanya.

Seiring tumbuhnya kesadaran di Komboi, dia pun mendapatkan tambahan tenaga dari 14 relawan dari kampung tersebut yang ter­inspirasi perjuangannya. Tak hanya memberikan pemahaman, para relawan tersebut gotong royong mempersiapkan sarana dan prasarana untuk membangun lima pilar STBM. (*/c10/ttg)

Marthina Awak Komboi menjelajah belasan kampung dengan berjalan kaki, demi mendorong pemasalan sanitasi sehat. Sementara itu, Ruben Brabar rela mendiskon

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close