Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antisipasi Politik Uang Berbentuk Barang

Sabtu, 28 November 2015 – 16:01 WIB
Antisipasi Politik Uang Berbentuk Barang - JPNN.COM
Pilkada 2015. Ilustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daniel Zuhron mengatakan, indikasi praktik politik uang kini banyak dilakukan dalam bentuk barang. Baik itu kaos, topi, mug, payung, dan sejumlah barang lain. 

Langkah ini menjadi salah satu senjata ampuh pasangan calon mengalihkan penerimaan sumbangan dari berupa uang, karena lebih sulit dideteksi berapa banyak sebenarnya barang yang dibagikan kepada masyarakat untuk memengaruhi pilihannya.

"Pihak penyelenggara juga tidak bisa memastikan berapa jumlah barang yang sudah beredar dari hasil produksi tersebut," ujar Daniel, Sabtu (28/11).

Karena itu Daniel berharap pengawas di lapangan dapat lebih cermat mengawasi jalannya kampanye pilkada kali ini. Sehingga hal-hal yang tak diinginkan dapat diminimalisir.

"Tapi memang sampai dua minggu tahapan pungut hitung (hasil pilkada,red), pengawas pemilu hanya dapat melakukan pencatatan, penaksiran atas pembelanjaan kampanye," ujar Daniel.(gir/jpnn)

 

 

JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daniel Zuhron mengatakan, indikasi praktik politik uang kini banyak dilakukan dalam bentuk barang.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close