Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Akan Diusir, Indonesia Tetap Bantu Pencari Suaka

Minggu, 29 November 2015 – 03:31 WIB
Tak Akan Diusir, Indonesia Tetap Bantu Pencari Suaka - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah Indonesia secara tegas mengaku masih terbuka untuk menampung para pencari suaka tersebut. Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Hasan Kleib mengatakan, posisi pemerintah Indonesia terkait penanganan pencari suaka di wilayah dalam negeri masih sama.

Pihaknya mengaku bakal membantu pencari suaka internasional untuk mencari rumah yang layak. Meski mengaku tidak akan menjadi negara destinasi, hal itu dirasa menjadi tugas pemerintah secara ideal.

“Pemerintah RI saat ini masih menetapkan prinsip non-refoulement dari konvensi PBB tentang pencari suaka. Yakni, kewajiban untuk tidak mengusir atau menolak pengungsi yang membutuhkan bantuan,’’ terangnya di Jakarta kemarin (28/11).

Dia menegaskan, seharusnya masyarakat Indonesia bangga dengan sikap pemerintah. Sebab, Indonesia bukan bagian dari negara yang menandatangani konvensi tersebut. Namun, fakta bahwa Indonesia kerap menjadi negara transit tidak dikesampingkan.

Padahal, beban pemerintah RI sebagai negara transit cukup besar. Lokasi Indonesia yang di atas Australia dan Selandia Baru sering dilalui kapal pengungsi. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir banyak kapal pengungsi yang ditolak untuk masuk negara destinasi dan didorong kembali. Otomatis kapal-kapal tersebut bakal kembali ke Indonesia.

’’Namun, kami tetap menerima mereka dan menampung sementara. Kami akan menunggu hingga UNHCR (lembaga PBB untuk pencari suaka) menemukan rumah baru bagi mereka,’’ terangnya. (bil/jos/jpnn)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia secara tegas mengaku masih terbuka untuk menampung para pencari suaka tersebut. Direktur Jenderal Multilateral

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close