Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tayangan Televisi Semakin Parah! RCTI: Rating Penting Demi Iklan

Minggu, 29 November 2015 – 11:00 WIB
Tayangan Televisi Semakin Parah! RCTI: Rating Penting Demi Iklan - JPNN.COM
Sinetron Tujuh Manusia Harimau yang tayang di RCTI mendapat sorotan dari KPI. Foto: Indo Pos

jpnn.com - HANYA berharap kepada KPI tanpa dukungan banyak pihak memang susah. Apalagi, tayangan tersebut terkait dengan bisnis yang melibatkan banyak pihak. Pemerintah maupun publik tentu harus meminta pertanggungjawaban stasiun televisi terhadap konten-konten yang tidak ramah anak.

Ironisnya, tanggung jawab yang besar tersebut sering kali tidak sepenuhnya dapat ditanggung oleh pihak stasiun televisi. GM of Integration of News Research Development and Documentation di MNC Media Adjie S. Soeratmadjie mengatakan, sebagai pihak yang menyiarkan secara luas suatu program tayangan, stasiun televisi tidak dapat menjamin seratus persen tayangan tersebut diterima baik oleh masyarakat.

Bahkan juga tidak dapat menghakimi sendiri tayangan tersebut bernilai baik atau buruk di masyarakat.

”Stasiun televisi tidak bisa menjamin semua yang disiarkan aman untuk ditonton oleh keluarga. Tapi, paling tidak, yang disiarkannya tersebut tidak sampai merusak,” kata Adjie saat dihubungi Jawa Pos melalui sambungan telepon.

Karena itu, pria berkacamata yang pernah menjabat head of corporate secretary di RCTI tersebut menjelaskan bahwa dirinya setuju dengan setiap langkah tegas yang diambil KPI untuk melindungi masyarakat, khususnya anak-anak, dari tontonan yang tidak mendidik. Tapi, masyarakat juga diminta untuk memahami sejumlah pedoman dasar yang dipakai setiap stasiun televisi sebelum menayangkan program acaranya.

”Suatu tayangan pasti akan diperhatikan rating, konten, dan nilainya sebelum diputuskan untuk disiarkan. Rating memengaruhi iklan yang masuk karena tayangan tersebut. Konten juga kami seleksi, apakah termasuk tontonan dewasa atau anak. Dan value, apakah bertentangan dengan nilai moral masyarakat secara umum,” terangnya.

Sadar memiliki tanggung jawab besar terhadap program tayangan yang disiarkan, pihak stasiun televisi sering kali meminta orang tua untuk menjadi partner kerja dalam mengawasi tontonan anak-anak di rumah. ”Karena kami kan tidak bisa mengawasi atau menyuruh anak-anak untuk tidur kalau sudah malam dan jangan nonton televisi pada jam tayangan dewasa. Tapi, orang tua bisa,” ujarnya. (gun/dod/nor/c11/sof/jon/jpnn)

HANYA berharap kepada KPI tanpa dukungan banyak pihak memang susah. Apalagi, tayangan tersebut terkait dengan bisnis yang melibatkan banyak pihak.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close