Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rieke: Masyarakat Harus Memahami Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Agar Tidak Merasa Dibodohi

Minggu, 29 November 2015 – 23:09 WIB
Rieke: Masyarakat Harus Memahami Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Agar Tidak Merasa Dibodohi - JPNN.COM
Anggota Komisi IX DPR, Rieke Diah Pitaloka (berdiri) terlibat tanya jawab dengan peserta sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara, di Karawang Sabtu (28/11). Dalam kesempatan itu, banyak ibu-biu mempersoalkan pelayanan kesehatan dan minimnya pemberitahuan soal program kesehatan. Foto: MPR RI

jpnn.com - KARAWANG - Anggota Komisi IX DPR, Rieke Diah Pitaloka menyatakan negara harus mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan. 

Karena hal itu merupakan amanat UUD 1945 yang jelas-jelas menyebutkan fakir miskin dan anak terlantar wajib dipelihara negara. 

Tak hanya itu, lanjut Rieke, negara juga bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas serta fasilitas pelayanan umum yang layak.

Untuk itu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang merupakan implementasi dari amanat UUD 1945 harus benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia.

Bagi orang yang tidak mampu lanjut Rieke, negara harus menjamin pelayanan kesehatan yang gratis dan tidak membebankan biaya kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Jika ada masyarakat yang kurang mampu ternyata dipersulit untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal dari rumah sakit padahal sudah memegang kartu BPJS maka rumah sakit tersebut harus ditindak secara tegas,” ujar Rieke dalam sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Desa Sarimulya Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang, Sabtu (28/11). 

Politikus perempuan PDI Perjuangan ini mengatakan, masyarakat harus benar-benar memahami nilai-nilai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara karena disitu masyarakat akan tahu hak dan kewajiban.

Dengan pemahaman ini, kata Rieke, masyarakat tidak akan merasa didiskrimanasi atau bahkan merasa dibodohi.

KARAWANG - Anggota Komisi IX DPR, Rieke Diah Pitaloka menyatakan negara harus mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close