Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gara-Gara Ini, DKI Disebut Beda Tipis dengan Daerah Baru Hasil Pemekaran

Minggu, 29 November 2015 – 23:57 WIB
Gara-Gara Ini, DKI Disebut Beda Tipis dengan Daerah Baru Hasil Pemekaran - JPNN.COM
Apung Widadi. Foto: Int

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Advokasi dan Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Apung Widadi mengatakan, keterlambatan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI menyebabkan rendahnya serapan anggaran.

Bahkan, serapan anggaran DKI tidak jauh beda dengan provinsi baru yakni Kalimantan Utara. (Kaltara). Apung menganggap hal ini sebagai sesuatu yang memalukan.

"Memalukan, DKI Jakarta pusatnya Indonesia, daya serap anggarannya sama rendahnya dengan Kaltara‎ yang daerah baru hasil pemekaran," kata Apung dalam diskusi di kantor ICW, Jakarta, Minggu (29/11).

Sampai Juli 2015, serapan anggaran lima daerah di Indonesia berada di bawah 30 persen. Daerah dengan serapan terendah adalah Kalimantan Utara dengan 18,6 persen. DKI Jakarta 19,2 persen. Papua 21,7 persen. Jawa Barat 25,5 persen, dan Riau 25,5 persen.

Menurut Apung, serapan anggaran suatu provinsi berkaitan dengan pengelolaan anggaran. ‎Karena itu, ia menyarankan, harus ada introspeksi terkait serapan anggaran DKI.

"Harus ada introspeksi bersama dari Pemprov DKI, Kementerian Dalam Negeri, dan DPRD DKI," ucap Apung.‎ (gil/jpnn)

JAKARTA - Direktur Advokasi dan Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Apung Widadi mengatakan, keterlambatan pengesahan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close