Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Terpaksa Gunakan Air Hujan

Senin, 30 November 2015 – 08:00 WIB
Warga Terpaksa Gunakan Air Hujan - JPNN.COM

jpnn.com - BOGOR - Kampung Rawa Bogo, Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor juga dilanda krisis air. Susahnya memperoleh air bersih, membuat warga setempat sampai harus memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. 

Ya, warga di Kampung Rawa Bogo menggali lubang di halaman rumah mereka untuk menampung air hujan. Air yang terkumpul nantinya digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari mandi, mencuci pakaian sampai memasak makanan sehari-hari mereka. 

Eni (9) bocah perempuan yang tinggal di RT 01/04, Kampung Rawa Bogo, Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol mengaku harus memindahkan air dari lubang kedalam ember untuk sekadar mandi. Lubang tanah berdiameter 50 sentimeter di pinggir jalan depan rumahanya menjadi satu-satunya sumber airt terdekat yang ia miliki. 

“Airnya masih susah di sini kak. Ini juga nunggu hujan dulu biar penuh baru bisa diambil. Kalau gak hujan ya enggak mandi, soalnya jauh kalau mau mengambil air di sungai,” ujar bocah itu kepada Radar Bogor (grup JPNN), Minggu (29/11) kemarin.

Sementara itu, Dedi (34) salah satu warga yang membuat lubang penampungan air tersebut menjelaskan langkah-langkah membuat lubang tersebut. Pertama, lubang digali sedalam satu meter. Setelah itu, lubang diberi plastik untuk menampung air hujan agar tidak menyerap kedalam tanah. 

“Ya ini waktu mulai turun hujan saya buat untuk nampung air hujan. Lumayan buat stok air buat mandi dan masak,”ujar pria mengenakan sarung tersebut. 

Pantauan Radar Bogor, dikampung tersebut terdapat empat lubang penampungan air. Didalam penapungan air hujan tersebut, airnya terlihat jernih. Namun  jentik-jentik nyamuk terlihat banyak di dalamnya. Hal tersebut berpotensi mengakbatkan wabah demam berdarah.(all/dil/jpnn)

BOGOR - Kampung Rawa Bogo, Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor juga dilanda krisis air. Susahnya memperoleh air bersih, membuat

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close