Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tanah Bergeser, 156 KK Tinggalkan Rumah

Senin, 30 November 2015 – 08:47 WIB
Tanah Bergeser, 156 KK Tinggalkan Rumah - JPNN.COM
Ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - LIMAPULUH KOTA – Sejumlah nagari di Kecamatan Payakumpuh dilanda bencana akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir hingga, Sabtu (28/11) malam.

Di Jorong Pabatungan, Nagari Taeh Bukik, Kecamatan Payakumbuh, tanah di kawasan pemukiman bergerak hingga merusak sekitar 20 unit rumah warga.

Sementara di Nagari Taeh Baruah, sungai Batang Muaro meluap hingga menggenangi 4 unit rumah warga dan dua sekolah, kemudian di Nagari Maek, longsoran tanah menimbun badan jalan.

Di Nagari Taeh Bukik yang mengalami pergeseran tanah, memaksa sekitar 700 orang warga atau sekitar 156 Kepala Keluarga yang berada di Jorong Pabatungan untuk meninggalkahn rumah mereka.

Tanah pemukiman di lereng perbukitan itu, terus bergerak akibat tanah yang labil dan diguyur hujan lebat sejak beberapa hari terakhir.

"Saat ini rumah warga yang rusak berat akibat pergeseran tanah tersebut sekitar 20 rumah yang rusak parah. Kita mengimbau agar masyarakat di Jorong Pabatungan agar meninggalkan pemukimannya untuk mencari tempat yang lebih aman,"terang Walinagari Taehbukik, Kardimus Datuak Pangulu Bosa, kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Minggu(29/11) kemarin.

Menurut Walinagari Taeh Bukik, pergerakan tanah memiliki kemungkinan yang besar untuk mengami pergerakan, apalagi jika kembali di guyur hujan lebat. Kondisi tanah yang labil, terlihat dari Labuahsilang hingga ke Aiesongsang. Sehingga dinilai bakal sangat beresekio jika warga tetap menampati lokasi tersebut.

Saat ini warga menumpang di rumah-rumah milik warga ainnya di jorong-jorong yang aman di Nagari Taeh Bukik. Sementara Pemerintah Nagari bersama Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah mempersiapkan Tenda untuk warga yang mengungsi.

LIMAPULUH KOTA – Sejumlah nagari di Kecamatan Payakumpuh dilanda bencana akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir hingga,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close