Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Manfaat Kedelai Untuk Penderita Diabetes

Senin, 30 November 2015 – 10:36 WIB
Ini Manfaat Kedelai Untuk Penderita Diabetes - JPNN.COM
Kedelai/ Foto: oklahomafarm.com

jpnn.com - MENURUT sebuah studi, mengkonsumsi protein kedelai selama kehamilan bisa membantu wanita dengan diabetes gestasional mengontrol gula darah dan kadar kolesterol mereka.

" Penelitian lain telah menemukan bahwa kedelai bermanfaat dalam membantu mengatasi diabetes tipe 2 dan juga bisa membantu bumil yang memiliki diabetes selama kehamilan," kata penulis senior Zatollah Asemi, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (29/11).

Diabetes gestational sering terjadi selama pertengahan kehamilan dan biasanya bisa diatasi dengan diet sehat dan olahraga teratur, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. 

Memiliki gula darah tinggi selama kehamilan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, bayi yang lebih besar dan peningkatan risiko C-section.

Para peneliti meneliti 68 wanita hamil dengan diabetes gestasional. Semua berada di sekitar 26 minggu kehamilan mereka pada awal masa studi dan diikuti sampai mereka melahirkan.

Tim peneliti memisahkan wanita menjadi dua kelompok secara acak, kelompok pertama ditugaskan untuk diet di mana 35 persen dari protein berasal dari kedelai dan sisanya dari hewan. Kelompok kedua ditugaskan untuk diet dengan 70 persen protein berasal dari sumber hewani seperti daging dan keju dan 30 persen dari sumber tanaman, seperti kacang-kacangan.

Para wanita mengikuti diet selama enam minggu. Mereka dalam kelompok kedelai menerima protein kedelai bertekstur yang tersedia secara komersial.

Pada akhir periode enam minggu, kadar gula darah dan insulin mengalami penurunan untuk perempuan dalam kelompok kedelai.

MENURUT sebuah studi, mengkonsumsi protein kedelai selama kehamilan bisa membantu wanita dengan diabetes gestasional mengontrol gula darah dan kadar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close