Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Duh, Mayoritas Penyelenggara Pilkada 'Bermain'

Selasa, 01 Desember 2015 – 01:07 WIB
Duh, Mayoritas Penyelenggara Pilkada 'Bermain' - JPNN.COM
Pilkada 2015. Ilustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - BANDUNG – Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjajaran (Unpad) kemarin membeber hasil survey mengenai harapan publik terhadap penyelenggaraan pilkada serentak di Jawa Barat.

Dari hasil survei disimpulkan, hampir seluruh penyelenggara pemilihan kepala daerah di Jawa Barat berpotensi berbuat curang pada pilkada serentak 9 Desember mendatang. Netralitas yang seharusnya mereka tegakkan cenderung tidak dilakukan.

Dalam paparan hasil survei juga disebutkan, hanya penyelenggara di pilkada Kabupaten Tasikmalaya dan Pangandaran yang masih mengedepankan netralitas.

Ketua PSPK Unpad Muradi mengatakan, enam dari delapan penyelenggara pilkada serentak di Jabar berpotensi tidak netral. Mereka tergiur oleh bujuk rayu materi sehingga cenderung mengenyampingkan aspek terpenting bagi penyelenggara pilkada.

“Hanya Pangandaran dan Tasikmalaya yang memiliki kecenderungan netral,” katanya. Di luar dua daerah itu, kata dia, baik Komisi Pemilihan Umum maupun Panitia Pengawas Pemilu disinyalir sudah melakukan keberpihakan terhadap salah satu kandidat.

Menurutnya, fakta ketidaknetralan ini terlihat dari hasil survei pilkada yang telah dilakukannya belum lama ini. “Ada lobi lalu merespons. Kelihatan bahwa ada upaya pendekatan terhadap penyelenggara pilkada, baik oleh kandidat maupun timses (tim sukses),” katanya.

Dia menambahkan, kandidat yang menyuap penyelenggara pilkada ini merupakan petahana yang memang memiliki akses dari sisi anggaran.

“Kebanyakan mereka berpihak ke incumbent, karena incumbent inilah yang paling banyak mengharapkan untuk menang,” katanya. (agp/sam/jpnn)

BANDUNG – Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjajaran (Unpad) kemarin membeber hasil survey mengenai harapan publik

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close