Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lulus Tes Baru ini Syarat Menjadi Guru di Australia

Selasa, 01 Desember 2015 – 02:45 WIB
Lulus Tes Baru ini Syarat Menjadi Guru di Australia - JPNN.COM

Mulai tahun depan, untuk bisa menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah di Australia, mahasiswa ilmu keguruan di Australia harus lulus tes membaca dan berhitung yang dipersyaratkan pemerintah.  

Sekitar 5000 mahasiswa mengikuti ujicoba tes membaca dan menulis baru yang diselenggarakan  Departemen Pendidikan di sejumlah ibukota negara bagian, seperti Albury di New South Wales dan Ballarat di Victoria.
 
Dari seluruh mahasiswa  yang ikut tes percobaan, sebanyak 92 persen berhasil lulus dari tes kemampuan membaca dan 90 persen lulus tes kemampuan berhitung. 
 
Namun kabar buruknya adalah bahwa ada hampir 2.000 guru baru setiap tahun tampaknya telah lulus dengan nilai dibawah standar keterampilan dasar membaca dan menghitung.
 
Jika hasil dari studi percobaan ini direplikasikan secara nasional, maka diperkirakan 1800 lulusan sekolah guru pada tahun lalu akan gagal mencapai standard yang ditentukan.
 
Menteri Pendidikan Federal Simon Birmingham mengatakan: "sangat bagus sekali melihat mayoritas mahasiswa sekolah guru lulus ujian membaca dan menghitung ini. namun memprihatinkan karena satu dari sepuluh mahasiswa itu tidak berhasil lulus tes ini"
 
"Kami perlu memastikan para siswa lulus dari program pengajaran dapat mengatasi tuntutan pengajaran dan memiliki keterampilan membaca dan menghitung yang kuat."
 
Menurut Birmingham mengatakan temuan ini membenarkan pandangan yang menilai pemerintah perlu lebih fokus dalam upaya meningkatkan kualitas para guru di Australia.
 
"Orang tua, kepala sekolah dan seluruh pihak sekolah harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi kalau para lulusan dari sekolah mengajar yang akan mereka pekerjakan memiliki kualifikasi mengajar terbaik dan paling pandai di Australia," kata Senator Birmingham.
 
Tes kemampuan membaca dan menulis ini akan wajib diikuti oleh mahasiswa sekolah guru di Australia mulai Juli tahun depan.
 
Tes ini bertujuan untuk mendorong perguruan tinggi agar hanya menerima siswa yang mampu masuk dalam jajaran 30 persen dari populasi penduduk Australia yang memiliki kemampuan  membaca dan menghitung terbaik.
 
Jika siswa gagal dalam ujian ini, mereka akan ditawarkan bantuan bimbingan oleh universitas sebelum kembali mengikuti ujian ini lagi.
 
Pemerintah federal mengadopsi ujian membaca dan menghitung nasional ini menyusul hasil evaluasi terhadap pelatihan guru yang merekomendasikan menolak pemberlakuan persyaratan minimum untuk mahasiswa sekolah guru.
 
Mulai tahun depan, universitas akan dibebaskan untuk memutuskan apakah akan menyelenggarakan tes ini sebagai persyaratan awal kelulusan  atau melakukannya pada saat menggelar pelatihan mengajar.

 

Mulai tahun depan, untuk bisa menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah di Australia, mahasiswa ilmu keguruan di Australia harus lulus tes membaca

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close