Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elianor Gerrard Ingin Wujudkan Pusat Sayur dan Buah di Yogyakarta

Selasa, 01 Desember 2015 – 06:45 WIB
Elianor Gerrard Ingin Wujudkan Pusat Sayur dan Buah di Yogyakarta - JPNN.COM

Elianor Gerrard, voluntir asal Australia sedang membuat proyek kebun komunitas di salah satu desa di Yogyakarta. Visinya ingin mewujudkan pusat sayur mayur dan buah-buahan yang produktif dan berkesinambungan bagi warga setempat.

Elianor adalah peserta dari program Australian Volunteers for International Development (AVID), sebuah inisiatif dari pemerintah Australia. Program ini memberikan kesempatan bagi warga Australia untuk menjadi sukarelawan di sejumlah sektor kehidupan di negara-negara berkembang.

Ia mulai bekerja dengan Sekolahku pada bulan Juni. Sekolahku berada di Yogyakarta utara, dengan dikelilingi sawah, danau ikan, dan perkebunan tebu.

Dari sinilah kemudian ada pemikiran untuk menggabungkan sekolah dengan potensi pertanian dan perkebunan di sekelilingnya.

Saat itu kebetulan Sekolahku sedang membutuhkan seseorang untuk mengembangkan, merancang pemikiran dan ke depannya mempromosikan proyek tersebut. Elianor pun langsung melamar posisi sebagai sukarelawan.

Elianor Gerrard Ingin Wujudkan Pusat Sayur dan Buah di Yogyakarta
Belajar dengan menggabungkan metode pelajaran biasa di luar kelas. Foto: Kebun Dapur Kita.

"Saya, kepala sekolah, dan anggota yayasan telah mencoba mengeksplorasi pendekatan-pendekatan yang berbeda untuk berkebun, bertani, dan edukasi," ujarnya kepada Erwin Renaldi dari ABC International. 

"Setelah berkunjung ke Bumi Langit, sebuah institut permakultur di Imogiri, Yogyakarta, kita pun memilih pendekatan permakultur untuk proyek Kebun Dapur Kita," tambahnya.

Untuk merealisasikan program ini, ia berkolaborasi dengan komunitas permaculture di Yogya, Permablitz Jogja untuk membantu merancang kebun .

Elianor Gerrard, voluntir asal Australia sedang membuat proyek kebun komunitas di salah satu desa di Yogyakarta. Visinya ingin mewujudkan pusat sayur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close