Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Rekomendasi KNKT untuk AirAsia

Selasa, 01 Desember 2015 – 22:16 WIB
Ini Rekomendasi KNKT untuk AirAsia - JPNN.COM
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat mengelar jumpa pers membeberkan hasil investigasi kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501, yang jatuh di Perairan Selat Karimata, pada Minggu 28 Desember 2014. FOTO: Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan sejumlah rekomendasi untuk AirAsia Indonesia terkait hasil investigasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 di perairan Selat Karimata pada Desember 2014.

Untuk Indonesia AirAsia, KNKT meminta agar membuat prosedur komunikasi antara pilot dan co-pilot. Terutama saat pesawat sudah terbang di atas ketinggian 10 ribu kaki‎.

Rekomendasi tersebut diberikan menyusul adanya 51 tindakan perbaikan yang dilakukan AirAsia Indonesia. Langkah tersebut sebagai upaya dalam memperbaiki keadaan pesawat di saat genting.

"Para pilot juga harus dilatih bagaimana mengambil alih kendali dari satu pilot ke pilot lainnya saat terbang dalam keadaan kritis," ujar Pelaksana Tugas Ketua Sub Komite Kecelakaan Pesawat Udara KNKT, Nurcahyo Utomo di kantornya, Jakarta, Selasa (1/12).

Selama ini kata Cahyo, AirAsia Indonesia belum memiliki prosedur tersebut. Diharapkan dengan adanya prosedur komunikasi tersebut bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan dikemudian hari.

"Agar dibuatkan prosedur untuk pilot tadi. Prosedur itu tadinya belum ada. Jadi kami minta untuk dibuat. Sehingga nantinya kalau prosedur itu belum ada, ya co-pilotnya tidak bisa ikut (terbang, red)," tandas Cahyo. (chi/jpnn)

 

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan sejumlah rekomendasi untuk AirAsia Indonesia terkait hasil investigasi jatuhnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close