Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PENTING! Airbus Diminta Bekali Seluruh Pilot dengan Pelatihan Kondisi Pesawat

Rabu, 02 Desember 2015 – 02:03 WIB
PENTING! Airbus Diminta Bekali Seluruh Pilot dengan Pelatihan Kondisi Pesawat - JPNN.COM
Pesawat AirAsia/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) meminta pada Airbus agar perusahaan asal Perancis itu membuat suatu metode pencegahan kepada seluruh pilot. Rekomendasi tersebut menyusul jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 pada Desember 2014.

Tujuannya, agar saat terbang pilot tidak melakukan improvisasi penanganan masalah pada pesawat, di luar prosedur yang semestinya. Karena hal tersebut bisa berdampak fatal.

"Kepada Airbus, kami minta agar dibuat metode pencegahan kepada pilot untuk tidak berimprovisasi di luar prosedur," ujar Pelaksana Tugas Ketua Sub Komite Kecelakaan Pesawat Udara KNKT, Nurcahyo Utomo saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jakarta, Selasa (1/12).

Dari hasil investigasi KNKT, pilot AirAsia diketahui berinisiatif melakukan penanganan yang berbeda di luar prosedur terhadap gangguan keempat setelah tiga gangguan awal pada Rudder
Travel Limiter (RTL) muncul.

Nah dari penanganan berbeda pada gangguan keempat tersebut mengakibatkan arus listrik ke Flight Augmentation Computer (FAC) terputus. Yang mengakibatkan RTL menjadi mati dan auto-pilot ‎serta auto-thrust tidak berfungsi.

"Kami minta kepada Airbus agar semua pilot Airbus di seluruh dunia diajari upset recovery training (pelatihan memperbaiki kondisi pesawat yang tidak wajar). Artinya (dengan pelatihan tersebut), pesawat yang dalam kondisi atau sikap yang tidak wajar bisa dikembalikan (ke level normal) oleh pilotnya," tandas Cahyo. (chi/jpnn)

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) meminta pada Airbus agar perusahaan asal Perancis itu membuat suatu metode pencegahan kepada

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close