Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Website Setkab Diretas, Ternyata Ada Gambar...

Jumat, 25 Desember 2015 – 02:50 WIB
Website Setkab Diretas, Ternyata Ada Gambar... - JPNN.COM
Sekretaris Kabinet Pramono Anung. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengakui bahwa pada Rabu (34/12) siang sekitar pukul 14:00 WIB, situs Sekretariat Kabinet yang dengan laman: www.setkab.go.id diretas. Peretas membuat website tersebut bergambar tengkorak dan terdengar musik disko. Padahal, website itu cukup sering diakses publik karena berisi artikel-artikel tentang kegiatan kepresidenan.‎

“Untuk mengatasi peretasan ini, telah dilakukan langkah menghilangkan gambar hasil peretasan sehingga tampilan setkab.go.id bisa kembali seperti semula," ujar Pramono.

Menurutnya, hasil analisis internal menduga peretasan dilakukan melalui Plugin CMS (Content Management System). Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut.

Saat ini, tim IT Setkab juga telah mengamankan data yang tersimpan dalam situs. Terutama mengamankan halaman admin pengelola setkab.go.id. Langkah ini sebagai upaya pencegahan jika ada peretasan berikutnya.

“Kami juga melakukan pengamanan situs setkab.go.id pascaperetasan. Termasuk dengan meminta Kemenko Polhukam, Kepolisian RI yang membidangi cyber crime, dan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan kajian dan penyelidikan atas peristiwa peretasan tersebut," imbuh Pramono.

Setelah ditempuh beberapa langkah tersebut, terutama langkah pertama dan kedua, data yang sebelumnya sempat hilang, sedikit demi sedikit bisa dipulihkan kembali. Sejak pukul 18:45 WIB, situs setkab.go.id telah beroperasi kembali seperti sedia kala.(flo/jpnn)

JAKARTA – Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengakui bahwa pada Rabu (34/12) siang sekitar pukul 14:00 WIB, situs Sekretariat Kabinet yang dengan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close