Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Yatim Penderita HIV di Solo Ditolak Masyarakat Setempat

Jumat, 08 Januari 2016 – 07:10 WIB
Anak Yatim Penderita HIV di Solo Ditolak Masyarakat Setempat - JPNN.COM
HIV AIDS. Foto: Health

Sekelompok anak-anak yatim piatu yang menderita HIV di Solo (Jawa Tengah) sekarang terombang ambing karena kepindahan mereka ke sebuah panti asuhan baru ditolak oleh masyarakat setempat.

Anak-anak tersebut sekarang berada di penampungan sementara, setelah masyarakat setempat menolak panti asuhan tersebut pindah ke alamat yang baru.

"Mereka takut tertular." kata Yunus Prasetyo, dari LSM Lentera yang mengurusi anak-anak tersebut.

LSM ini sudah meminta bantuan petugas kesehatan setempat guna memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa virus HIV itu tidak akan menyebar hanya lewat kontak dengan anak-anak tersebut.

"Kami tidak mengerti lagi apa yang mesti dilakukan, karena dokter sudah menjelaskan kepada mereka. Siapa lagi yang akan mereka percayai bila mereka tidak percaya dengan dokter." kata Prasetyo.

Apa yang terjadi dengan masalah penampungan bagi anak-anak penderita HIV yang berusia antara satu sampai 12 tahun tersebut, menunjukkan masalah yang lebih besar di Indonesia, yaitu prasangka buruk terhadap mereka yang mengidap HIV.

"Selain masalah takut terinfeksi HIV, masalah lain adalah prasangka terhadap dari mana virus itu berasal," kata Prasetyo lagi.

"Jadi ada prasangka buruk terhadap pekerja seks, kelompok gay, transeksual, pengguna narkoba, dan pelanggan pekerja seks." katanya lagi.

Sekelompok anak-anak yatim piatu yang menderita HIV di Solo (Jawa Tengah) sekarang terombang ambing karena kepindahan mereka ke sebuah panti asuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close