Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Minta Suami Dibebaskan, Istri Pejuang HAM Arab Saudi Malah Ditangkap

Kamis, 14 Januari 2016 – 17:51 WIB
Minta Suami Dibebaskan, Istri Pejuang HAM Arab Saudi Malah Ditangkap - JPNN.COM
Samar Badawi dan suaminya, Waleed Abu al-Khair. Foto: AFP

jpnn.com - ARAB SAUDI - Seorang wanita Arab Saudi ditangkap petugas berwenang negara tersebut pada Selasa (12/1). Samar Badawi ditahan karena diduga mengelola akun Twitter untuk menyerukan pembebasan Waleed Abu al-Khair suaminya yang merupakan seorang aktivis di negaranya.  

Menurut Lembaga Amnesty Internasional penahanan Samar ini merupakan bentuk tindakan dari pemerintah setempat kepada mereka yang menghina pemerintah Arab Saudi melalu perjuangan terhadap hak asasi manusia. 

"Penahanan Samar merupakan contoh terakhir penghinaan pemerintah Arab Saudi" terhadap hak asasi manusia," ujar aktivis Lembaga Amnesty Internasional seperti dilansir BBC. 

Abu al-Khair dipenjara 15 tahun karena dituduh "melecehkan rezim" pada 2014 lalu. Dia adalah pendiri kelompok monitor hak asasi manusia di Arab Saudi.

Samar Badawi adalah saudara dari penulis blog Arab Saudi Raif Badawi, yang diganjar hukuman cambuk 1.000 kali dan 10 tahun penjara karena dituduh menghina Islam.

Adapun istri Raif Badawi, Ensaf Haidar, juga melaporkan penangkapan Badawi dalam akun tweeter miliknya: "Penting: #Samar_Badawi ditangkap atas tuduhan mengelola akun twitter @WaleedAbulkhair."

Samar Badawi ditangkap dan dibawah bersama putrinya yang berusia dua tahun ke kantor polisi. Setelah diinterogasi, dia dijebloskan ke penjara dan diperkirakan akan dihadirkan di pengadilan sebelum jaksa membacakan dakwaannya pekan ini.

Pegiat Amnesty International, Philip Luther mengatakan penangkapan Badawi "mempertontonkan sikap ekstrim aparat berwenang yang terus menerus mengganggu dan mengintimidasi pembela hak asasi manusia."

ARAB SAUDI - Seorang wanita Arab Saudi ditangkap petugas berwenang negara tersebut pada Selasa (12/1). Samar Badawi ditahan karena diduga mengelola

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close