Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anggaran Danau Toba Sudah Ada

Kamis, 21 Januari 2016 – 08:48 WIB
Anggaran Danau Toba Sudah Ada - JPNN.COM
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumut, Parlindungan Purba, mengatakan,pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk pengembangan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata bertaraf internasional.

Parlindungan tahu soal ketersediaan anggaran itu setelah bertanya langsung kepada Menko Kemaritiman Rizal Ramli, beberapa waktu lalu.

“Dana sudah disediakan. Saya sudah bertemu Bapak Rizal Ramli, beliau komit sekali mengembangkan Danau Toba,” ujar Parlindungan Purba kepada JPNN kemarin (20/1).

Dia menjelaskan, dana yang disediakan itu untuk pengembangan infrastuktur jalan di sekitar Danau Toba, dana operasional Badan Otorita Pengelolaan Danau Toba, dan juga untuk studi pengembangannya.

Apakah dana yang disiakpakn sudah termasuk untuk proyek tol Medan-Danau Toba? Parlindungan belum berani memastikan. Namun, karena Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Arief Yahya sudah menyebut angka Rp 21 triliun, dimana Rp 10 triliun akan diambilkan dari APBN dan sisanya dari swasta, Parlindungan yakin dari aspek pendanaan pemerintah juga sudah siap.

Anggota DPD asal Sumut, lanjutnya, juga sepakat dengan gagasan anggota DPR Martin Hutabarat tentang perlunya membentuk Kaukus Danau Toba. Kaukus ini beranggotakan seluruh anggota DPD dan DPR asal dapil Sumut.

“Ya, kita akan membentuk Kaukus, untuk membantu mengatasi kendala-kendala pengembangan Danau Toba,” ujarnya.

Parlindungan mengatakan, sektor pariwisata merupakan lokomotif bagi upaya peningkatan perekonomian rakyat. Pasalnya, industri pariwisata selalu membutuhkan tenaga kerja informal yang cukup banyak.

JAKARTA – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumut, Parlindungan Purba, mengatakan,pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk pengembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close