Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Negara Tetangga Tangkap 7 Terduga ISIS, Mulai Manajer Hotel Sampai Penjual Cendol

Senin, 25 Januari 2016 – 12:44 WIB
Negara Tetangga Tangkap 7 Terduga ISIS, Mulai Manajer Hotel Sampai Penjual Cendol - JPNN.COM
Ilustrasi. AFP

jpnn.com - KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia kembali menangkap sel jaringan teroris Islamic State (IS) alias ISIS. Dalam konferensi pers yang digelar kepolisian Malaysia, ada tujuh orang lagi diamankan. Mereka ditahan dalam operasi yang digelar sejak 22 Januari di seluruh Malaysia. 

''Seluruh tersangka adalah anggota sel yang sama yang bertanggung jawab terhadap rencana serangan teror di lokasi-lokasi strategis di seluruh Malaysia,'' ujar Kepala Polisi Malaysia Inspektur Jenderal Polisi Khalid Abu Bakar. Salah satu yang akan diserang adalah Klang Valley.

Pemerintah Malaysia memang harus bergerak cepat untuk mencegah segala kemungkinan buruk. Sebab, Senin (25/1) mereka akan menjadi tuan rumah untuk acara Konferensi Internasional Deradikalisasi dan Pencegahan Kekerasan Ekstremis. Jumat (15/1) mereka juga menahan satu orang pendukung ISIS yang mengaku berencana melakukan serangan bom bunuh diri di Kuala Lumpur.

Seluruh tersangka yang ditahan merupakan penduduk asli Malaysia yang berusia 26-50 tahun. Beberapa barang yang diamankan bersama mereka berupa 30 jenis amunisi, buku jihad, bendera, dan video-video propaganda.

Beberapa amunisi yang biasa dipakai untuk senjata otomatis M16. Mereka ditangkap di Johor, Kedah, Pahang, Selangor, dan Kuala Lumpur oleh Divisi Antiterorisme. 

Dua orang yang ditahan di Johor bekerja sebagai asisten manajer sebuah hotel di Kota Nusajaya dan supervisor toko. Dua tersangka lagi ditahan di Kedah. Salah satunya adalah penjual es cendol yang berusia 50 tahun. 

''Dia bertanggung jawab mencari dana untuk membiayai pengeluaran orang-orang yang ingin bergabung dengan ISIS,'' tegas Khalid. Uang tersebut juga dipakai untuk mendanai aksi terorisme di Malaysia. Tiga orang tersangka lainnya adalah penjaga keamanan yang diamankan di Pahang, Selangor, dan Kuala Lumpur. 

Di tempat terpisah, Kepala Divisi Antiterorisme Ayob Khan menjelaskan, ancaman dari ISIS sangat nyata, tidak boleh diremehkan. Menurut dia, semua pihak harus waspada sepanjang waktu.

KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia kembali menangkap sel jaringan teroris Islamic State (IS) alias ISIS. Dalam konferensi pers yang digelar kepolisian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close