Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapan Candi Borobudur Dibangun? (1)

Selasa, 02 Februari 2016 – 12:01 WIB
Kapan Candi Borobudur Dibangun? (1) - JPNN.COM
Sketsa bangunan aseli Borobudur menurut H. Permentier, ahli bangunan pubakala Prancis. Foto: Repro buku Borobudur karya Daoed Joesoef.

jpnn.com - BELUM diketemukan dokumen tertulis, kapan dan siapa sebenarnya yang membangun Candi Borobudur. Sejauh ini, para peneliti hanya menduga-duga...

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris di Jawa (1811-1816) yang menyibak bukit ilalang dan mendapati Candi Borobudur pada 1814 menulis buku History of Java pada 1817. 

Menurut Daoed Joesoef, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang mendalami Borobudur sejak muda, berkat buku yang ditulis Raffles secara akademis tersebutlah dunia mengenal candi raksasa itu.

History of Java disebut-sebut literasi pertama yang menulis kata Borobudur (Boro Bodo); boro nama kampung, bodo berarti kuno.

Berdasarakan keterangan yang dikumpulkannya, Raffles juga menafsir, boro atau bhara dalam bahasa Jawa berarti agung; yang terhormat; banyak. Dan bodo dari Budha. 

Merujuk ini, Borobudur berasal dari kata Budha yang banyak atau  Budha yang agung.

Yang perlu diingat juga, dalam kitab Negarakretagama yang ditulis Mpu Prapanca pada 1365 M, ditemukan kata Budur untuk menyebut sebuah bangunan suci agama Budha dari aliran Wajradhara. 

BELUM diketemukan dokumen tertulis, kapan dan siapa sebenarnya yang membangun Candi Borobudur. Sejauh ini, para peneliti hanya menduga-duga... Wenri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close