Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengejutkan! Begini Komentar Menko Perekonomian soal PHK Massal

Jumat, 05 Februari 2016 – 17:12 WIB
Mengejutkan! Begini Komentar Menko Perekonomian soal PHK Massal - JPNN.COM
Buruh. Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menanggapi santai pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan buruh di Indonesia. Darmin meminta agar tutupnya pabrik PT Toshiba dan Panasonic di Indonesia tidak ditanggapi secara berlebihan.

Pasalnya kata dia, tiga pabrik yang ditutup direlokasi ke kawasan Bogor, Jawa Barat, untuk menekan biaya produksi.

"Itu kecil saja, jangan dianggap terlalu serius dan informasinya rada dicampur-aduk itu, antara yang PHK dengan rekstrukturisasi," ujar Darmin di Komplek Istana, Jakarta, Jumat (5/2).

Terlebih sambung Darmin, di tengah perekonomian yang tak menentu saat ini, wajar bila ada perusahaan yang memutuskan untuk menutup pabriknya. Mengingat daya beli masyarakat juga tengah menurun. Karena itu tak sedikit perusahaan yang memilih untuk mengurangi produksi dengan menutup pabrik.

"Ini masa di mana harga BBM turun, kemudian persaingan ekspor menurun tajam, karena negara besar mengalami kesulitan seperti Jepang yang tingkat bunganya didorong ke minus," papar Darmin.

"Kemudian Tiongkok juga pertumbuhannya melambat, lalu dia mendorong, jadi persaingan di antara mereka sendiri. Karena itu tidak usah heran kalau kemudian ada yang rada kalah, rada menang," imbuh Darmin. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menanggapi santai pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan buruh di Indonesia. Darmin meminta

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close