Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Apa Yang Terjadi Pada Vagina Dan Vulva Ketika Perempuan Menua?

Jumat, 05 Februari 2016 – 19:38 WIB
Apa Yang Terjadi Pada Vagina Dan Vulva Ketika Perempuan Menua? - JPNN.COM

Makin banyak perempuan yang sering mengamati vagina –atau lebih tepatnya vulva -nya sendiri. Dan seiring bertambahnya usia atau setelah melahirkan, banyak dari perempuan yang terkejut menemukan daerah intim itu telah berubah.

Jadi, apa yang bisa Anda perkirakan terjadi pada vagina? Apa yang normal dan apa yang tidak?

Pertama-tama, sama seperti bentuk tubuh berbeda yang dimiliki semua orang, warna mata, atau preferensi pasangan seks, ada juga variasi yang sangat besar dalam bentuk vagina dan vulva, tanpa memandang usia.

"Ini seperti bagian tubuh lainnya- ada spektrum lengkap dari penampakan di daerah ini dan mereka semua benar-benar normal," jelas Dr Yasmin Tan, seorang ginekolog dan dokter bedah laparoskopi di Institut Kesehatan dan Penelitian Perempuan Australia (WHRIA).

Tambahkan variabel waktu ke dalam penampakan itu, maka perubahan tertentu cenderung lebih universal.

Vagina dan vulva kehilangan ketebalan dan warna vulva bisa berubah dari merah muda ke pucat atau ke warna gelap.

Klitoris bisa menyusut, labia bisa longgar, dan mungkin ada penyusutan dari beberapa jaringan, kata Dr Yasmin. Pintu masuk saluran air kencing juga mungkin mulai "sedikit berkerut dan terlihat sedikit berdaging."

"Seperti kulit di tempat lain, bagian ini menjadi lebih tipis dan sedikit kurang elastis. Ia menjadi sedikit kendor," sebut Dr Yasmin.

Makin banyak perempuan yang sering mengamati vagina –atau lebih tepatnya vulva -nya sendiri. Dan seiring bertambahnya usia atau setelah melahirkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close