Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengaku Jenderal, Gaet 12 Perempuan jadi Bininya

Sabtu, 06 Februari 2016 – 13:04 WIB
Mengaku Jenderal, Gaet 12 Perempuan jadi Bininya - JPNN.COM
Si Jenderal Gadungan (berbaret) saat diamankan. Foto: Metro Asahan/JPG

jpnn.com - KISARAN – Edison P Siagian (52), si jenderal gadungan, yang selama ini mengaku sebagai perwira tinggi TNI AU berpangkat Marsekal Madya (Marsdya), akhirnya diserahkan ke Polres Asahan untuk diproses, Jumat (5/2).

Pasi Intel Kodim 0208/ASH  Lettu (Inf) Nuryanto mengatakan, penanganan kasus hukum terhadap Edison telah diserahkan ke pihak kepolisian. Seluruh barang bukti juga turut disertakan.

Nuryanto menerangkan bahwa Edison P Siagian adalah sipil, bukan prajurit TNI. Sehingga penanganan kasus terhadap sipil itu adalah kewenangan dari polisi. “Tapi, andai tadi prajurit TNI, tentu akan diserahkan ke POM,” tukasnya.

Mengenai indikasi pelanggaran, menurut Nuryanto, Edison mengenakan seragam TNI dan menggunakan atribut TNI tanpa hak. “Edison itu sipil, bukan prajurit TNI,” tegasnya lagi.

Oleh sebab itu, baik secara pribadi, maupun institusi, Nuryanto menegaskan pihaknya sangat dirugikan dalam perkara ini. Terlepas dari ada tidaknya tindakan pidana yang dilakukan Edison selama melakukan ‘penyamaran’ tersebut. Menurutnya, TNI sedikit banyaknya akan terkena imbas dari perbuatan Edison yang mengaku-ngaku sebagai prajurit TNI.

Edison, kata Nuryanto, saat diinterogasi mengaku kepada istri-istrinya bahwa dia seorang anggota TNI. Bahkan saat hendak menggaet wanita-wanita, Edison selalu bilang kalau dia merupakan anggota TNI. “Ini tentu kita sayangkan,” imbuh Nuryanto.

Maka tak heran, istrinya sampai 12 orang. Artinya, setiap ingin mencari wanita Edison mengaku anggota TNI. Tergiur dengan statusnya, wanita yang dia ingini pun terperdaya. “Ini kita sayangkan, secara institusi. Kita pasti dirugikan,” tandas Nuryanto.

Berkaca dari kasus ini, Nuryanto mengimbau masyarakat mewaspadai kemungkinan serupa, yang bisa saja terjadi di tengah masyarakat. Dia mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terperdaya oleh oknum baru dikenal yang mungkin menawarkan bantuan atau apapun dengan mengaku sebagai oknum prajurit TNI.

KISARAN – Edison P Siagian (52), si jenderal gadungan, yang selama ini mengaku sebagai perwira tinggi TNI AU berpangkat Marsekal Madya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close