Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jumlah Penduduk Miskin di Indonesia Capai 28,5 Juta Jiwa

Sabtu, 06 Februari 2016 – 23:29 WIB
Jumlah Penduduk Miskin di Indonesia Capai 28,5 Juta Jiwa - JPNN.COM
Marwan Jafar. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jumlah penduduk miskin di Indonesia saat ini mencapai 28,5 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, 17,9 juta jiwa tinggal di desa. 

Kondisi ini menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar, memerlihatkan jumlah terbanyak masyarakat miskin di Indonesia ada di desa. "Karena itulah perekonomian masyarakat desa harus segera diselamatkan," ujar Marwan, Sabtu (6/2).

Menurut Marwan, pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah tertinggal masih sangat memprihatinkan. Dari 122 daerah tertinggal di Indonesia, 73 persen di antaranya memiliki pertumbuhan ekonomi di bawah rata-rata nasional.

"28 persen dari 28 juta penduduk miskin Indonesia ada di daerah tertinggal. Dan pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal ini berada di bawah rata-rata nasional," ujarnya.

Menghadapi hal tersebut, Marwan meminta kerja sama instansi pemerintah daerah untuk turut mendukung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha Bersama Komunitas (UBK).

"Dengan adanya BUMDes dan UBK, perekonomian masyarakat desa akan sangat terbantu. Pemerintah sudah dirikan 200 UBK, memang jumlah ini masih sangat sedikit, tapi hasilnya bagus," ujar Marwan. (gir/jpnn)

JAKARTA - Jumlah penduduk miskin di Indonesia saat ini mencapai 28,5 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, 17,9 juta jiwa tinggal di desa.  Kondisi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close