Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BACA: Ini Daftar Jalan di Surabaya yang Rawan Jambret

Minggu, 07 Februari 2016 – 07:35 WIB
BACA: Ini Daftar Jalan di Surabaya yang Rawan Jambret - JPNN.COM
ilustrasi jambret. foto:JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA - Kejahatan jalanan kembali marak dan membuat polisi di Surabaya kewalahan. Terutama aksi jambret. Para pelaku pun tidak lagi pandang bulu terhadap korbannya. Bahkan, polisi ikut menjadi sasaran penjambretan yang rata-rata membidik lokasi jalan protokol itu.

 ''Biasanya, pelaku beroperasi di jalan yang lurus, gelap, dan sepi,'' ujar Wakasatreskrim Polrestabes Surabaya Kompol Manang Soebeti.

Berdasar hasil pengungkapan kasus 3C (curas: pencurian dengan kekerasan, curat: pencurian dengan pemberatan, dan curanmor: pencurian kendaraan bermotor), banyak pelaku yang beraksi pada malam hari. Malam memang dianggap momen emas bagi para penjahat, khususnya jambret. Terlebih, aktivitas masyarakat sudah mulai berkurang. Biasanya, mereka tidak memilih calon korban. Asal ada kesempatan dan mempunyai peluang kabur, jambret pun beraksi.


Sementara itu, berdasarkan hasil analisis kepolisian, para pelaku yang tertangkap umumnya mencuri tanpa rencana. Ibaratanya, asal butuh uang, mereka akan keliling mencari sasaran.

 ''Akhirnya, mereka menjadikan ini sebagai ladang mata pencaharian,'' kata Manang.

Selain itu, pelaku yang bermain di Surabaya bukanlah jaringan. Dalam dunia kriminal, polisi biasanya mempunyai sebutan untuk beberapa kelompok penjahat. Ada kelompok Palembang, kelompok Lampung, hingga kelompok Jakarta.

Di Kota Pahlawan, pelaku kriminal jalanan lebih banyak beraksi sendiri-sendiri. Sejauh ini, para pelaku beraksi karena faktor kedekatan saja. Lingkaran pelaku kejahatan jalanan di Surabaya hanya sebatas teman kumpul.

Dari faktor usia, korps seragam cokelat tersebut ternyata menangkap banyak pelaku yang belum genap berusia 17 tahun. Hal itu menjadi fenomena yang harus diperhatikan. Sebab, aktor kriminal tersebut masih anak-anak.  (did/c20/fat/flo)

Berikut persebaran curas (Jambret) selama Januari berdasarkan informasi yang dihimpun Jawa Pos:

Surabaya Utara (dua kejadian)

Jalan Indrapura

Jalan Demak

Surabaya Pusat (dua kejadian)

Jalan Genteng Kali

Jalan Ambengan

Surabaya Selatan (tiga kejadian)

Jalan Gayungsari Timur

Jalan Raya Pasar Kembang

Jalan Raya Darmo

Surabaya Barat (empat kejadian)

Jalan Tanjungsari

Jalan Lawu

Jalan Putat Jaya

Pakuwon Indah The Mansion

Surabaya Timur (satu kejadian)

Jalan Mendut

SURABAYA - Kejahatan jalanan kembali marak dan membuat polisi di Surabaya kewalahan. Terutama aksi jambret. Para pelaku pun tidak lagi pandang bulu

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close