Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polisi Bunuh Diri Fenomena Mengerikan, Ini Buktinya

Minggu, 07 Februari 2016 – 20:01 WIB
Polisi Bunuh Diri Fenomena Mengerikan, Ini Buktinya - JPNN.COM
Kanitresmob Polresta Bandarlampung Iptu Syahir Perdana yang ditemukan tewas setelah menembak kepalanya sendiri. FOTO: instagram

jpnn.com - MELIHAT angka secara nasional, jumlah anggota Polri yang bunuh diri menjadi fenomena mengerikan. Menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, tragedi mengenaskan semacam itu terus berulang dari tahun ke tahun.

Neta mengungkapkan, di tahun 2012 tercatat hanya ada seorang anggota polisi yang bunuh diri, yakni di Sumatera Utara. Di tahun 2013 naik menjadi dua orang dan tahun 2014 ada tujuh anggota kepolisian polisi yang bunuh diri. Sebagian besar gantung diri di rumahnya.

Lalu di tahun 2015 lalu tercatat tiga kasus bunuh diri dilakukan anggota Polri. Pertama, Briptu Guntur, anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat,” katanya saat dihubingi radarlampung.co.id (grup JPNN).

Almarhum kata Neta, ditemukan tewas di kontrakannya Jalan Taman Bahagia, Kota Sukabumi. Diduga mengakhiri hidup dengan senjata api. Keterangan dari Polres Sukabumi menyebutkan kasus ini berawal saat korban cekcok dengan pacarnya yang bernisial WI.

“Kasus kedua, anggota Satuan Sabara Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Bripka Rizki Habibi. Ia mencoba bunuh diri dengan menyarangkan peluru ke dada sebelah kiri, Selasa sore. Kejadian itu berlangsung di halaman BNI (Bank Negara Indonesia), Jalan Sudirman, Pekanbaru. Seperti kasus Briptu Guntur, kasus di Polda Riau ini juga berlatar belakang asmara,” katanya.

Peristiwa ketiga, aksi bunuh diri Aiptu Antoni Sarito Gultom, anggota Polsekta Samarinda Ilir, Kalimantan Timur (Kaltim). Korban ditemukan tewas di rumahnya, Perumahan Kalimanis Blok D RT 23 No 109 Sungai Kapih, Rabu (22/1). Ia menembak kepalanya dengan senjata api. Diduga kuat korban stres berat. 

Statistik ini bertambah lagi di tahun 2016 dengan kematian Kanit Resmob Polresta Bandarlampung Iptu Syahir Perdana Lubis. Polisi ganteng yang jadi idola di media sosial itu ditemukan tak bernyawa dengan kepala berlubang ditembus peluru dari senjatanya sendiri, Sabtu (6/7) kemarin. (ary/ary/dil/jpnn)

MELIHAT angka secara nasional, jumlah anggota Polri yang bunuh diri menjadi fenomena mengerikan. Menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close