Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kisah Pengembala Ternak Jadi Jenderal (2/Habis)

Awalnya bercita-cita menjadi prajurit TNI AU

Senin, 08 Februari 2016 – 10:41 WIB
Kisah Pengembala Ternak Jadi Jenderal (2/Habis) - JPNN.COM
Kapolda Maluku Utara, Brigjen (Pol) Zulkarnain. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - Lulus AKABRI, Zulkarnain awalnya bertekad bergabung dengan TNI Angkatan Udara (AU). Di matanya, AU memiliki wibawa tersendiri. Sayang, keinginan ini bertentangan dengan pandangan sang pembina.

Ia ditetapkan bergabung dengan Polri. ”Ya sudah, saya bergabung dengan kepolisian,” kata mantan Kepala Biro Pengawas Penyidikan Bareskrim Mabes Polri itu.

Awal bergabung, Zulkarnain mengaku masih setengah hati menjadi anggota polisi. Ia baru benar-benar menemukan panggilan jiwanya di institusi berseragam cokelat itu setelah mengetahui dan memahami tugas seorang polisi yang sesungguhnya. Mengayomi, melindungi, dan melayani masyarakat, baginya merupakan tugas yang teramat mulia.

”Juga menegakkan hukum serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” sambung ayah empat anak ini seperti dilansir Malut Post (Grup JPNN).

Mengemban tugas mulia, Zulkarnain pun terpacu untuk menjalankan tugasnya sebaik mungkin. Setia, jujur, dan berani, menjadi prinsip hidup yang ia tanamkan dalam dirinya sendiri. Tak hanya di dalam negeri, bertugas di luar negeri pun telah beberapa kali ia rasakan.

Pria yang hobi bersepeda ini pernah menjadi anggota Pasukan Perdamaian Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan ditempatkan di Mozambik, Afrika Selatan di tahun 1995-1996. Ia juga pernah merasakan bertugas di Kroasia pada 1997-1998, serta mengikuti kursus singkat di Korea Selatan.

“Bagi saya, polisi harus rahmatan lil alamin, dan bermanfaat bagi sesama maupun alam di sekitarnya,” tutur pria yang dipromosikan menjadi Kapolda Malut September 2015 itu.

Maluku Utara sendiri bukanlah daerah yang asing bagi Zulkarnain. Sebelum diangkat menjadi Kapolda, ia pernah bertugas sebagai Kapolres Ternate pada 2002 lalu. Sebagai Kapolda, tekad Zulkarnain adalah membasmi sistem percaloan dalam penerimaan anggota polisi. ‘Penyakit’ yang satu ini baginya amat mencoreng citra institusi.

Lulus AKABRI, Zulkarnain awalnya bertekad bergabung dengan TNI Angkatan Udara (AU). Di matanya, AU memiliki wibawa tersendiri. Sayang, keinginan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close