Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyebar Berita Bohong Penerimaan CPNS Dilaporkan ke Mabes Polri

Selasa, 09 Februari 2016 – 16:40 WIB
Penyebar Berita Bohong Penerimaan CPNS Dilaporkan ke Mabes Polri - JPNN.COM
Tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi (KemenPAN-RB) melaporkan 17 web portal yang mengunggah informasi bohong dan menyesatkan tentang penerimaan CPNS 2016 ke Mabes Polri.

Laporan ini sebagai upaya KemenPAN-RB menindak tegas para penyebar informasi menyesatkan (hoax) yang diunggah di sejumlah portal. Selain tidak benar, hoax tersebut dikhawatirkan akan membuka celah terjadinya penipuan dan percaloan terkait penerimaan CPNS.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman mengungkapkan, 17 web portal yang dilaporkan ke Mabes Polri itu telah mengunggah informasi bohong dan menyesatkan tentang penerimaan CPNS 2016.

"Hal ini kami lakukan, selain untuk memberikan efek jera bagi para pelaku, juga mencegah terjadinya berbagai tindak penipuan serta percaloan dalam rekruitmen CPNS," kata Herman di Jakarta, Selasa (9/2).

Dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah portal mengunggah informasi mengenai jadwal seleksi CPNS 2016.‎ Tidak jelas apa yang diinginkan oleh pihak pengelola portal tersebut, tetapi mereka cukup lihai dalam mempermainkan emosi pembaca, sehingga tertarik. Untuk meyakinkan pembaca, mereka mengutip sebagian berita, ada juga yang menampilkan foto MenPAN-RB dan cara-cara lain yang cukup menarik.‎

Herman mengatakan, beberapa kali pihaknya telah membantah informasi tersebut dan mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati dan mewaspadai rumor yang berkembang, terutama di media sosial. 

“Setiap informasi akan kami sampaikan melalui website Kementerian PANRB. Karena itu, masyarakat supaya mengkonfirmasikan informasi yang meragukan ke KemenPAN-RB,” ujarnya.

Berbagai rumor tersebut, menurut Herman jelas tidak sesuai dengan langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintah dalam reformasi birokrasi, khususnya di bidang SDM Aparatur.

JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi (KemenPAN-RB) melaporkan 17 web portal yang mengunggah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close