Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sering Lewatkan Sarapan? Ini Bahayanya

Rabu, 10 Februari 2016 – 16:31 WIB
Sering Lewatkan Sarapan? Ini Bahayanya - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON – Anda yang selama ini sering menganggap remeh sarapan harus mulai berhati-hati. Sebab, menunda sarapan ternyata bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan para ahli dari Osaka University Graduate School of Medicine di Jepang menemukan bahwa melewatkan atau menunda sarapan bisa meningkatkan risiko stroke.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stroke mencatat bahwa melewatkan sarapan berkaitan erat dengan meningkatny dislipidemia, intoleransi glukosa, hipertensi dan obesitas. Itu semua merupakan penyebab penyakit kardiovaskuler.

"Ini adalah studi pertama yang menyelidiki asosiasi frekuensi asupan sarapan dengan kejadian kardiovaskular dan stroke dan subtipe dalam populasi Asia," demikian klaim mereka seperti dilansir laman Youthhealthmag,Selasa (9/2).

Untuk sampai pada kesimpulan mereka, para peneliti menganalisis data dari 82.772 pria dan wanita Jepang sepanjang 1999-2010. Para responden berusia antara 45 tahun-74 tahun dan tidak memiliki sejarah kanker atau penyakit jantung.

Selama periode 15 tahun, para peneliti mencatat 3.772 kasus stroke, termasuk 870 kasus penyakit jantung koroner dan 1.051 kasus pendarahan otak. (fny/jos/jpnn)

 

 

LONDON – Anda yang selama ini sering menganggap remeh sarapan harus mulai berhati-hati. Sebab, menunda sarapan ternyata bisa menimbulkan efek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close