Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wajah-wajah Lusuh setelah Banjir Bandang Menghantam

Kamis, 11 Februari 2016 – 00:27 WIB
Wajah-wajah Lusuh setelah Banjir Bandang Menghantam - JPNN.COM
Seorang membersihkan rumah yang telah dipenuhi oleh lumpur akibat banjir yang menerjang rumah mereka.Foto: Fajar Rillah Vesky/Padang Ekspres

jpnn.com - KESEDIHAN menyelimuti masyarakat Pasaman, terutama warga Jorong Lambak dan Jorong Lundar, Nagari Panti Timur, Kabupaten Pasaman. Banjir bandang membawa duka. Ekonomi warga yang bersumber dari kebun, lumpuh! Warga takut bekerja karena bencana serupa masih mengancam.

Willian Abib--Lambak

Luapan air Batang Lambak masih menggenangi Jorong Lambak dan Jorong Lundar, kemarin (10/2) siang. Masyarakat masih was-was karena gerimis kembali turun siang kemarin di perkampungan itu.

Wajah-wajah masyarakat yang terdampak bencana itu terlihat lusuh. Rasa pasrah dan risau terlihat bercampur aduk karena lumpur cukup tebal dan kayu yang dibawa banjir berserakan di kampung mereka.

Meski tim penanggulangan bencana seperti BPBD dan TNI dari Kodim 0305 Pasaman bekerja ekstra menyingkirkan kayu dan lumpur dari rumah warga, namun warga masih risau. Perekonomian mereka lumpuh. Anak-anak mereka tidak bersekolah dan suami tidak bekerja karena berada di pengungsian dan rumah kerabat.

“Bagaimana kami bisa bekerja. Sementara kampung dan rumah kami terendam banjir dan lumpur,” ujar Afrizal, 42, warga setempat yang berprofesi sebagai penyadap karet ini.

Hati Afrizal pilu. Saat ditanya, dia termenung sejenak. Matanya sembab dan berkaca-kaca. Ia mencemaskan nasib keluarganya setelah bencana ini. “Saya tidak mungkin pergi ke kebun, sementara cuaca seperti ini. Rumah saya pun terkena banjir,” ungkapnya.

Afrizal menjelaskan, masyarakat di kampungnya banyak yang bertani. “Di sanalah sumber ekonomi kami. Sekarang kami tidak bisa bekerja. Apa yang harus kami perbuat dengan kondisi seperti ini,” ujarnya sambil membersihkan rumahnya.

KESEDIHAN menyelimuti masyarakat Pasaman, terutama warga Jorong Lambak dan Jorong Lundar, Nagari Panti Timur, Kabupaten Pasaman. Banjir bandang membawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close