Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gali Potensi Mandalika, KEK Pariwisata Jadi Andalan Lombok

Kamis, 11 Februari 2016 – 02:05 WIB
Gali Potensi Mandalika, KEK Pariwisata Jadi Andalan Lombok - JPNN.COM
Menteri Pariwisata Arief Yahya. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - LOMBOK – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, Lombok Selatan sudah dikunjungi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam dua bulan terakhir.

RI-1 hadir pada acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari 2016. Sedangkan RI-2 datang pada 12 Desember 2015, saat ground breaking KEK, ditandai dengan persiapan pembangunan fisik Club Med Hotel, Pullman Hotel dan Lee's Hotel serta projek seawater osmosis.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan problem kritis yang paling mendesak, antara lain terkait akses jalan dari Bandara Internasional Lombok.

“Akses jalan dari Bandara International Lombok Praya ke Mandalika. Jalan harus diperlebar, agar akses menuju ke kawasan itu semakin mudah dan cepat,” kata Menpar Arief Yahya sembari menyebutkan bahwa KEK Mandalika Resort dibangun di atas tanah lebih dari 1000 hektar.

Selain pelebaran jalan, lanjut Arief Yahya, juga akan didata problem infrastruktur dasar, seperti air, listrik dan jaringan ITC Readiness. Itu adalah kebutuhan paling mendasar untuk mengembangkan pariwisata.

“Ketika sarana infrastruktur siap, secara otomatis investor akan datang. Bagi pengusaha, air akan mengalir ke tempat yang lebih rendah," katanya.

Menurut Arief Yahya, Kawasan BTDC Nusa Dua Bali itu hanya 350 hektar. Karena itu, Mandalika itu kira-kira sekitar 3 kalinya Nusa Dua. Pantainya bagus, dan langsung berbatasan dengan laut Atlantik, sehingga jernih airnya.

“Setiap tahun ada tradisi budaya Bau Nyale, warga berburu cacing nyale yang dipercaya bertahun-tahun dan turun-temurun sebagai penjelmaan Putri Mandalika yang dikenal cantik dan cinta damai,” kata Arief Yahya.

LOMBOK – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, Lombok Selatan sudah dikunjungi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close