Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Alasannya Mendagri Wajibkan PNS Pakai Kemeja Putih

Kamis, 11 Februari 2016 – 04:54 WIB
Ini Alasannya Mendagri Wajibkan PNS Pakai Kemeja Putih - JPNN.COM
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Widodo Sigit Pudjianto menjawab alasan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas PNS di Lingkungan kemendagri dan Pemda. Salah satunya mengatur penggunaan kemeja putih sebagai pakaian dinas di setiap hari Rabu.

Menurut Widodo, kebijakan tersebut hadir sebagai salah satu wujud dalam menerjemahkan kehendak Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal revolusi mental. Bahwa PNS harus bersih, karena itu penting dilakukan secara maksimal. Termasuk mengadirkan simbol-simbol lewat baju putih, agar para PNS tetap mengingat pelayan masyarakat harus tetap bersih dalam menjalankan tugas sehari-hari. 

"PNS itu kan harus bersih, makanya Mendagri ingin pakai baju putih," ujar Widodo, Rabu (10/2).

Kebijakan kata Widodo, dikeluarkan tidak hanya berlaku di lingkungan Kemendagri, tapi juga seluruh jajaran Pemerintah Daerah. Pasalnya, aparatur di lingkungan Pemda juga memiliki tanggung jawab yang sama. Bahwa diwajibkan bersikap bersih (tidak korupsi)

“Makanya, Mendagri ingin pakai baju putih. Sebab PNS itu harus bersih. Kemendagri menafsirkannya seperti itu, pakai baju putih. Kalau kementerian lain tak pakai baju putih, itu kan tergantung mereka menerjemahkan maksud Presiden,” ujarnya.

Menurut Widodo, setiap seragam dinas memang punya fiosofinya masing-masing. Misalnya, kenapa harus ada seragam berwarna krem, karena menjadi pembeda antara aparatur pemerintah dan masyarakat sipil. Sedangkan batik, itu merupakan budaya bangsa Indonesia. (gir/jpnn)

JAKARTA - Kepala Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Widodo Sigit Pudjianto menjawab alasan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close