Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

12 Daerah Rawan Bencana di Jawa Barat

Kamis, 11 Februari 2016 – 05:30 WIB
12 Daerah Rawan Bencana di Jawa Barat - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: dok/Bandung Ekspres

jpnn.com - KIARA CONDONG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat meminta masyarakat tak perlu ragu berkoordinasi dengan pihaknya dalam urusan penanggulangan bencana.

Muhammad Ridwan, koordinator pusat pengendalian operasi BPBD Jabar, mengatakan pihaknya sudah seringkali memberikan pelatihan pada masyarakat mengenai penanggulangan bencana. 

Bahkan selain pelatihan BPBD Jabar juga sudah memebentuk Desa Tangguh Bencana dengan harapan masyarakat nantinya bisa meningkatkan kesiagaan dalam penangulangan bencana.

"Sedikitnya sudah 30% di wilayah Jabar dibentuk Desa Tangguh Bancana, yang diantaranya, Kabupaten Sukabumi, Pangandaran, Kabupaten Garut, dan beberapa daerah lainnya," katanya, seperti dikutip dari Bandung Ekspres, Kamis (11/2).

BPBD Jabar juga telah mengirimkan surat peringatan kepada pemerintah kota atau kabupaten yang daerahnya rawan terjadi bencana banjir dan longsor. Ini penting, mengingat curah hujan pada Februari cukup tinggi ketimbang Januari. 

"BPBD sudah meningkatkan kewaspadaan terhadap daerah yang rawan terjadi bencana. Masyarakat diharapkan lebih  meningkatkan kesiapsiagaan terutama memantau aliran sungai dan lokasi rawan longsor," paparnya.

Berdasarkan data BPBD Jabar, setidaknya 25 kejadian bencana tercatat sejak 1 sampai 8 Februari 2016 tersebar di 12 kota atau kabupaten, yakni Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Indramayu. (dn/adk/jpnn)

KIARA CONDONG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat meminta masyarakat tak perlu ragu berkoordinasi dengan pihaknya dalam urusan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close