Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ladies, Jangan Takut Hamil lagi Setelah Keguguran

Kamis, 11 Februari 2016 – 09:22 WIB
Ladies, Jangan Takut Hamil lagi Setelah Keguguran - JPNN.COM
ilustrasi hamil. Foto:Health

jpnn.com - Kaum perempuan yang pernah mengalami keguguran sering khawatir untuk hamil lagi. Meski sudah diberitahu dokter untuk menunggu tiga bulan atau lebih sebelum mencoba untuk hamil lagi. Namun, menurut sebuah studi baru, wanita yang mencoba untuk hamil dalam waktu tiga bulan mungkin memiliki kemungkinan lebih besar untuk hamil kembali.

Studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Obstetrics & Gynecology melakukan penelitian terkait hal tersebut.
Para peneliti melihat dari 1.083 perempuan, sebagian besar telah keguguran sebelum kehamilan menginjak 20 minggu. Namun, mereka tidak mengalami komplikasi seperti kehamilan tuba atau pertumbuhan jaringan janin abnormal di dalam rahim. 

Peneliti menemukan bahwa kebanyakan wanita, lebih dari 76 persen pada kenyataannya tidak mencoba untuk hamil lagi dalam waktu tiga bulan setelah keguguran. Padahal, perempuan yang mencoba hamil lagi setelah keguguran justru mendapat kesempatan  besar untuk itu.

"Rekomendasi untuk menunda upaya kehamilan selama setidaknya 3-6 bulan antara pasangan yang secara psikologis siap untuk mulai mencoba mungkin tidak beralasan dan harus ditinjau kembali," kata para peneliti, seperti dilansir laman Health.

Para penulis penelitian mengatakan, mereka tidak menemukan alasan fisiologis untuk menunda upaya hamil setelah keguguran. Ini justru sekaligus bisa mengurangi kesedihan pasangan yang mengalami keguguran. (fny/flo/jpnn).

Kaum perempuan yang pernah mengalami keguguran sering khawatir untuk hamil lagi. Meski sudah diberitahu dokter untuk menunggu tiga bulan atau lebih

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close